Mengatasi Selesma Pada Anak

By Ipoel , Minggu, 23 Agustus 2015 | 06:00 WIB
Mengatasi Selesma Pada Anak (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Commond cold atau populer disebut dengan selesma. Selesma pada anak memiliki gejala seperti pilek, yaitu hidung meler, keluar ingus encer. Awalnya ingus berbentuk encer dan berwarna jernih, lalu menjadi lebih kental, dan berwarna kuning kehijauan. Tapi ingat, ingus hijau bukan tanda infeksi bakteri.

Selain pilek, selesma pada anak dapat disertai gejala lain; demam rendah, suhu badan berkisar 38 C, bersin-bersin, batuk, napsu makan berkurang, anak rewel, tidur terganggu.

* Mengatasi selesma pada anak

1. Sama seperti yang dilakukan pada bayi. Mengatasi selesma pada anak menggunakan inhalasi, boleh dilakukan selama obatnya NaCl, jika ada obat steroid harus dalam pengawasan dokter.

2. Untuk mengatasi,  selesma pada anak, tingkatkan gizi dari asupan makanan, khususnya protein. Pastinya, beri makanan yang mencukupi kebutuhan gizinya: ada ikan, daging, sayuran, telur, tempe, tahu.

3. Ajak anak berendam di kolam “air panas” untuk mengatasi selesma pada anak. Ini adalah sebuah terapi tersendiri baginya. Hangatnya air bisa membuat nyaman tubuh, uap air yang terisap bisa meluluhkan sekresi di saluran napasnya.

4. Setiap hari bawa anak keluar rumah atau ruangan untuk mendapatkan udara bebas. Ini akan membantunya merasa nyaman, juga untuk proses kesembuhannya. Ini membantu mengatasi selesma pada anak.

5. Saat mengatasi selesma pada anak, kenakan baju yang cukup tipis supaya terjadi penguapan panas tubuh dengan baik. Jangan pakaikan baju tebal.

Selamat mengatasi selesma pada anak