Mainan Terbaik Batita (3)

By Santi Hartono, Senin, 23 Maret 2015 | 08:00 WIB
Mainan Terbaik Batita (3) (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Di artikel selanjutnya kita telah membahas empat mainan terbaik batita (12 sampai 18 bulan). Masih ada empat mainan lagi yang akan membuat hari-hari batita Mama semakin ceria.

Bola: Bola apapun yang gampang digenggam akan populer di kelompok umur ini—bola pantai yang dipompa, bola dari karet, bola dari kain. Jangan gunakan bola dari gabus karena mungkin malah akan berakhir di dalam mulut si kecil. Si kecil akan mengalami masa-masa yang menyenangkan dan bersenang-senang saat menendang, menggelindingkan, atau melempar bola-bola itu, apalagi jika Mama atau Papa ikut bermain bersama.

Krayon yang bisa dihapus dan kertas: Saatnya mencorat-coret! Saat merangsang batita Mama untuk menggambar, ada baiknya Mama hanya memberikan tidak lebih dari beberapa krayon saja—jangan banjiri ia dengan terlalu banyak pilihan. Langkah selanjutnya adalah menempel kertas di lantai sehingga si kecil dapat membuat gambarnya tanpa perlu menyeretnya ke segala arah.  

Mobil dorong: Umumnya batita sangat berminat dengan kendaraan yang harus mereka gerakkan sendiri. Jika Mama tidak ingin batita Mama menjadi kecapekan, pilihlah mobil dorong yang dilengkapi tongkat sehingga Mama bisa membantu si kecil dengan mendorong mobilnya apabila ia merasa lelah. Ada baiknya untuk tidak menghadiahi anak dengan mobil-mobilan yang digerakkan aki—selain mahal, jenis mainan ini mungkin malah merenggut kesenangan mereka untuk bisa bergerak dengan menggunakan tenaga sendiri.

Buku cerita bergambar: Di tahapan umur ini, mungkin batita Mama sudah bisa menikmati buku cerita bergambar yang lebih kompleks serta menampilkan benda-benda dan aktivitas yang akrab baginya. Selain itu si kecil juga mungkin sudah memiliki rasa bangga dengan koleksi buku di perpustakaan kecilnya dan bahkan memilih satu buku favoritnya untuk dibacakan oleh Mama atau Papa.

Delapan mainan terbaik batita (12 sampai 18 bulan) sudah dibahas tuntas. Kini waktunya bermain bersama si kecil. Selamat bersenang-senang!