Mainan Terbaik Batita (1)

By Santi Hartono, Senin, 23 Maret 2015 | 06:00 WIB
Mainan Terbaik Batita (1) (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Setelah melewati ulang tahunnya yang pertama, batita Mama akan mulai bergerak dan berpindah dengan cepat—dan sambil mengejar-ngejar si kecil di sekeliling rumah, Mama mungkin merindukan hari-hari sebelum dia belajar menggunakan kaki-kakinya dengan baik. “Aktif” adalah kata yang tepat untuk menggambarkan anak-anak di tahapan umur ini, dan mereka menggemari mainan atau permainan apapun yang membolehkan mereka menggerakkan seluruh anggota badan dengan bebas—bola, ayunan, dan perosotan kecil adalah sebagian contohnya.  

Tangan-tangan mungil yang kini sudah lebih terkoordinasi mendorong batita Mama untuk memainkan puzzle geometri dengan lebih efektif, membangun menara balok yang lebih tinggi, dan mencoret-coret gambar di atas kertas (atau dinding?). Bagi anak satu tahun, bermain sama dengan melakukan banyak percobaan, seperti “Apa yang akan terjadi jika aku menjatuhkan bola ini?” atau “Apa yang akan terjadi jika aku menarik tuas ini?”

Yang juga menarik, di tahapan umur ini, kebanyakan anak memiliki rasa ingin tahu yang besar soal apa yang dihasilkan oleh tindakan mereka, dan karena ingatan mereka masih belum berkembang dengan sempurna, bayi Mama mungkin tidak akan merasa capek untuk melakukan hal yang sama berulang-ulang. Selain itu, batita juga suka meniru hal-hal yang dilakukan oleh orang dewasa, jadi tidak ada salahnya untuk mencari mainan yang bentuk dan mungkin juga bunyinya menyerupai barang-barang rumah tangga yang sehari-hari digunakan oleh Mama dan Papa.

Di dua artikel selanjutnya kami akan memberikan delapan mainan terbaik batita (12-18 bulan) yang mungkin bisa menginspirasi Mama dan Papa saat ingin menghadiahi si kecil dengan mainan.