Perilaku Mengemut Makanan

By Santi Hartono, Kamis, 16 Oktober 2014 | 04:54 WIB
Perilaku Mengemut Makanan (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.Com – Parahnya lagi, anak bisa mengalami gizi buruk lantaran mengemut secara otomatis menyebabkan  porsi makanan  per hari menjadi berkurang. Tak hanya itu, gigi-geligi anak pun bisa rusak karena mengemut mengakibatkan peluang terjadinya proses pembusukan lebih tinggi. 

Perilaku mengemut makanan sebenarnya tidak muncul begitu saja, tetapi selalu berkaitan dengan perjalanan sejarah makan si anak. Jadi, untuk mengetahui penyebab si batita ngemut, Mama Papa hendaknya melakukan kilas balik mengingat sejarah perkembangan makan si anak.

Mama Papa dapat menelusuri: apakah sejak awal anak sudah dikenalkan dengan rasa atau jenis makanan yang bervariasi; bagaimanakah reaksi anak terhadap makanan yang diperkenalkan kepadanya; bagaimana pula proses makan anak, apakah dengan waktu yang teratur. Jika Mama Papa tidak mengajarkan cara makan yang benar seperti tidak mengikuti tahapan memberikan makanan, hanya makanan cair atau susu, maka  anak tidak pernah belajar mengunyah dengan baik dan kemampuan oromotornya pun tidak pernah terstimulasi.

Tak kalah penting, bagaimana pola emosi bunda atau pengasuh ketika memberikan makan, apakah makan merupakan situasi yang menyenangkan bagi anak, atau sebaliknya merupakan situasi yang menekan bagi anak, dapat berupa pemaksaan atau ada banyak bentakan kepada anak selama proses makan. Perilaku mengemut makanan juga dapat sebagai bentuk protes lantaran dipaksa makan. Akibat pemaksaan yang tidak menyenangkan, acara makan pun diidentikkan oleh anak sebagai aktivitas yang tidak menyenangkan, sehingga ia lebih senang mengemutnya.

 Faktor lain yang memunculkan perilaku mengemut makanan adalah anak terlalu asyik dengan aktivitas selain makan, sehingga anak “lupa” kalau di mulutnya masih ada makanan.

 Untuk mengatasi perilaku mengemut makanan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan Mama Papa, yaitu;

1. Berikan contoh cara makan yang benar; tunjukkan di depan anak cara menggerak-gerakkan mulut dan gigi ketika makanan masuk ke dalam mulutnya.

2. Berikan makanan bertekstur secara bertahap, mulai yang halus atau cair dan berangsur kasar atau padat.

3. Acara makan dibuat menyenangkan, tidak memaksa anak untuk makan. Lakukan pendekatan positif, seperti membujuk sambil bercerita tentang makanan yang sedang dimakannya.

4. Berhenti bermain sampai acara makan selesai dan minta anak mengunyah makanannya lebih dulu. Bisa juga membagi makanannya menjadi beberapa porsi kecil. Kalau porsi kecil itu sudah habis, anak boleh main sebentar sekitar lima menit, kemudian menghabiskan porsi kecil selanjutnya.

5. Biasakan anak makan di meja makan, televisi dimatikan, tidak sambil bermain atau berjalan-jalan. Orangtua bisa menjadikan acara menonton televisi atau bermain sebagai hadiah kalau ia sudah menyelesaikan makannya.

6. Tentukan jadwal makan dan jadwal bermain yang relatif tetap setiap hari sehingga anak tahu dan bisa bersiap makan pada waktunya serta melakukan aktivitas selain makan di waktu lain.

7. Variasikan rasa dan bentuk makanan setiap harinya, bisa juga dihias dan dibuat dalam bentuk menarik supaya selera makan anak tergugah dan ia pun bersemangat untuk mengunyah.