Alasan Si Kecil Perlu Diberi Adik

By Gisela Niken, Kamis, 3 Maret 2016 | 03:00 WIB
Alasan Si Kecil Perlu Diberi Adik (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Mama mungkin punya banyak pertimbangan untuk menambah anak. Punya anak lagi berarti kembali repot mengurus bayi. Belum lagi menghadapi proses adaptasi dengan anak sebelumnya. Tapi, Mama juga perlu mengetahui manfaat ketika anak punya adik.

Ketika punya adik, si kecil akan belajar untuk tidak mementingkan dirinya sendiri. Secara alamiah, ia akan melindungi adiknya. Rasa itu akan muncul ketika pertama kali bertemu dengannya saat pertama lahir.  Selain itu, ia akan belajar berbagi banyak hal seperti makanan. Hal ini akan membantunya ketika berada di sekolah agar tidak menjadi anak yang egois.Baca juga: Batita Cemburu pada Adik 

Bagaimana jika kakak dan adik jadi sering bertengkar? Pertengkaran justru mengajarkan padanya bagaimana menyelesaikan sebuah masalah. Mereka akan memahami bahwa marah sambil berteriak tidak akan menyelesaikan masalah. Anak juga akan memahami bahwa berkomunikasi ketika ada yang tidak beres itu penting. Pembelajaran ini akan membantunya ketika bertemu dengan orang lain di luar rumah.

Punya adik juga mengajarkan anak arti kerjasama. Mama bisa memberikan tugas kepada kakak dan adik seperti tugas membereskan kamar dan lainnya. Ajak mereka untuk melakukan tugas itu bersama-sama. Dengan begitu, anak akan memahami bahwa kehidupan ini tidak bisa dilakukan sendiri. Ia tetap membutuhkan bantuan orang lain.

Adik juga dapat menjadi teman mainnya. Hal ini tentu akan membuatnya senang berada di rumah. Mama tak perlu khawatir jika anak akan bermain terlalu lama di luar. Keberadaan adik membuatnya juga senang bermain di area rumah, dan tentu saja memudahkan pengawasan Mama. Selain itu, adik juga bisa menjadi kawan bicara. Ketika salah satu dari mereka merasakan kesedihan atau kekecewaan, ikatan saudara akan membantu menghilangkan rasa tersebut.Baca juga: Mengapa Kakak dan Adik Sering Bertengkar? 

Anak yang memiliki adik juga belajar untuk sabar. Mengajari adik bermain puzzle menjadi kegiatan yang bisa membuat anak jadi lebih sabar. Ia juga akan memahami bahwa ketika seseorang tidak mampu melakukan sesuatu, ia perlu membantunya. Hal ini juga bermanfaat untuk adik. Ia akan mendapatkan banyak pelajaran dari si kakak.

Ternyata ada banyak manfaat ketika anak punya adik, yang akan berdampak jangka panjang di mana si kecil akan lebih mudah berada di lingkungan sekitarnya. Selain itu, ia akan memahami bagaimana cara berhadapan dengan orang lain. Dengan begitu, Mama tak perlu ragu untuk menambah anak.

(Niken/Pop Sugar)