Main Balok Bikin Anak Cerdas Matematika

By Dini, Rabu, 24 Februari 2016 | 23:30 WIB
Main Balok Bikin Anak Cerdas Matematika (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Apakah balok juga menjadi mainan favorit si kecil? Bila "ya", terus dampingi si kecil saat melakukan permainan bermanfaat ini.

Meski kegiatan bermain balok pada balita masih tampak sederhana, satu balok disusun di atas balok lainnya sampai tinggi, namun ternyata permainan tersebut merupakan sarana untuk mengenalkan kemampuan memecahkan masalah dan memahami konsep matematika. Ya, manfaat bermain balok adalah agar anak cerdas matematika!

Menurut Della Raymena Jovanka, SPd, MSi, staf akademik Program Studi PGPAUD, FKIP Universitas Terbuka, tanpa disadari, saat si kecil bermain balok, ia akan mengenal bentuk-bentuk geometri, mengenal proporsi atau perbandingan. Misalnya, bahwa dua balok berukuran kecil sama dengan ukuran sebuah balok sedang. Dua balok berukuran sedang sama dengan ukuran satu balok besar. Hal ini dapat memancing anak menemukan hubungan penjumlahan dan pengurangan awal.

Hubungan permainan balok dan kemampuan matematika ini dibuktikan dengan sebuah penelitian longitudinal (jangka panjang) yang dilakukan oleh Charles Wolfgang, Laura Stannard, Pamela Phelps, dan Ithel Jones pada 2001 terhadap anak, mulai mereka usia prasekolah sampai berusia SMA. Para peneliti menemukan, anak usia 4 tahun yang terbiasa bermain balok dengan cara yang lebih kompleks biasanya meraih nilai tinggi pada pelajaran matematika di SMA.

Manfaat bermain balok lainnya adalah anak dapat mengeluarkan daya imajinasi dan kreativitasnya untuk membangun balok menjadi bentuk apa pun yang mereka mau. Ini karena pada permainan balok, inti bermain ada pada anak, bukan pada mainannya. Hal ini pula yang membedakan permainan balok dengan permainan lainnya.

Intinya, permainan balok tidak membatasi daya imajinasi anak; justru anak bebas berkreasi dalam menyusun balok dengan jumlah balok yang tidak terbatas. Dengan demikian, imajinasi dan kreativitasnya makin berkembang.

Nah, Mama dan Papa, yuk luangkan waktu untuk bermain balok bersama si prasekolah. Siapa yang menyangka bermain balok bermanfaat agar anak cerdas matematika!

(Hilman Hilmansyah)