6 dari 10 Anak Tidak Sarapan Setiap Hari

By Gisela Niken, Rabu, 24 Februari 2016 | 04:55 WIB
6 dari 10 Anak Tidak Sarapan Setiap Hari (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sarapan sangat penting untuk energi si kecil setiap hari. Namun, kebiasaan sarapan ini justru belum dijadikan keharusan oleh banyak keluarga di Indonesia. Sebuah penelitian yang dibuat oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia mengungkapkan bahwa 6 dari 10 anak Indonesia tidak punya kebiasaan sarapan setiap hari. Lalu, bagaimana membiasakan sarapan pada anak?

1. Atur waktu tidurnyaPsikolog keluarga Roslina Verauli, MPsi, Psi, mengatakan, untuk membiasakan sarapan, Mama perlu mengatur waktu  tidur anak terlebih dahulu. “Ketika ia sudah terbiasa bangun pagi teratur, anak akan mudah untuk bangun dan punya mood yang lebih baik,” katanya. Tidak bangun terlambat juga membuat ritual pagi di keluarga tidak terburu-buru. Takut terlambat datang ke sekolah menjadi salah satu alasan tidak sarapan lo, Mam.

2. Belajar makan sendiriTentu repot bagi Mama jika harus menyuapi si kecil ketika sarapan apalagi ketika Mama juga punya kegiatan di pagi hari seperti berangkat kerja. Mama akan sibuk menyiapkan kebutuhan anak sekolah, Papa yang juga akan berangkat kerja hingga kebutuhan Mama pribadi. Cobalah melatih si kecil untuk makan sendiri agar di saat sarapan ia tetap bisa makan tanpa harus menunggu Mama.Baca juga: Santailah Saat Mengajarkan Anak Makan Sendiri 

3. Libatkan si kecil dalam memilih makananSebelum tidur, Mama bisa menanyakan kepada si kecil mengenai menu apa yang ia inginkan keesokan harinya. Dengan begitu si kecil akan merasa punya tanggung jawab untuk menghabiskan makanan yang ia pilih. Hal itu akan menumbuhkan nilai self-regulation pada anak di mana ia mampu melaksanakan apa yang ia atur sendiri. Nah, Mama juga bisa memodifikasi menu si kecil agar tetap jadi sarapan seimbang seperti menambahkan sayuran di dalam telur dadarnya.

4. Makan bersama-sama keluargaHal ini jadi kebiasaan penting bagi keluarga lo, Mam. Partisipasi Mama dan Papa sangat dibutuhkan agar si kecil mau membiasakan diri sarapan. Mama dan Papa juga harus menciptakan suasana menyenangkan saat sarapan. Jauhi gadget atau peralatan elektronik lain seperti televisi. Saat sarapan menjadi momen baik untuk berinteraksi dengan anak.Baca juga: Biasakan Makan Bersama Keluarga, Mulai Sekarang! 

Itu dia beberapa cara yang Mama bisa lakukan untuk membiasakan sarapan pada anak. Mama juga perlu memerhatikan gizi anak ketika sarapan, karena gizi yang seimbang dapat meningkatkan kerja otak agar kegiatannya menjadi maksimal. (Niken)