Aturan Merawat Gigi Si Kecil, dari Saat Tumbuh Gigi sampai Waktu Gosok Gigi

By Gisela Niken, Senin, 22 Februari 2016 | 07:00 WIB
Aturan Merawat Gigi Si Kecil, dari Saat Tumbuh Gigi sampai Waktu Gosok Gigi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Gigi yang sehat akan menghindarkan diri kita dari berbagai penyakit. Apalagi si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan. Sudah jadi tugas Mama untuk merawat gigi si kecil. Tapi, ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan saat merawat gigi anak.Baca juga: 5 Kesalahan Orang Tua Dalam Merawat Gigi Anak 

Mama perlu mewaspadai demam yang muncul ketika si kecil tumbuh gigi. Demam memang menjadi tanda-tanda alami tumbuh gigi. Namun, demam juga dapat menimbulkan flurosis pada gigi. Flurosis merupakan gejala yang muncul berupa garis putih di gigi. Hal ini dapat terjadi karena terjadi kerusakan enamel yang membuat gigi tidak tumbuh dengan sempurna.

Mengapa bisa terjadi demikian? Saat mengalami demam tubuh fokus untuk menyembuhkan dirinya sendiri sehingga proses pembentukan gigi tidak maksimal. Flurosis dapat mengakibatkan gigi mudah keropos lo, Mam. Oleh karena itu, sesegera mungkin tangani demam yang diakibatkan tumbuh gigi.

Dr. Campbell, seorang peneliti gigi dari Peak Family Dentistry and Orthodontics mengatakan, terdapat pemahaman yang salah mengenai pemberian makanan pada anak. Banyak orangtua yang memilih makanan lembut karena anaknya takut tersedak. Namun, hal ini justru membuat gigi tidak berkembang dengan baik. “Pertumbuhan gigi harus dibarengi dengan kebiasaan memakan makanan yang padat agar membentuk gigi dengan benar,” ujarnya.Baca juga: Merawat Gigi Susu 

Mama juga perlu memerhatikan jam makan atau minum si keciL. Jika sudah ingin tidur dan sudah sikat gigi, usahakan untuk tidak makan atau minum lagi. Gula yang terkandung dalam makanan dan minuman dapat mengaktifkan bakteri di dalam mulut.

Hal terakhir yang Mama perlu perhatikan saat merawat gigi anak adalah kebiasaan menyikat gigi. Plak pada gigi membutuhkan waktu hingga 12 jam untuk mengeras. Oleh karena itu, kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari memang sudah pas. Mama juga perlu memperhatikan pasta gigi yang digunakan.

Menurut Dr. Campbell, pada usia sebelum dua tahun anak disarankan tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Pertumbuhan gigi yang belum sesuai dengan kandungan flouride dapat membuat gigi cepat keropos. Selain itu, pasta gigi ini akan rentan tertelan oleh si kecil. (Niken/Mom.me)