Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat Tajam Setelah Menjadi Orangtua

By Gisela Niken, Jumat, 19 Februari 2016 | 02:27 WIB
Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat Tajam Setelah Menjadi Orangtua (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Mama yang cerewet tentu tidak disukai si kecil. Mama juga tentu tak senang jika hari-harinya diisi dengan kemarahan dan adu mulut dengan si kecil. Eits, jangan menyesal karena sudah menjadi orangtua, Mam. Penelitian terbaru menyebutkan, menjadi orangtua bisa meningkatkan kekebalan tubuh.Baca juga: Makanan yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Bahkan, berdasarkan penelitian tersebut, menjadi orangtua dapat memberi efek lebih besar dibanding efek dari vaksin seperti vaksin flu gastroenteritis, sebuah penyakit gangguan saluran pencernaan. “Hal ini bisa jadi pertimbangan buat orangtua, pengorbanan mengasuh anak seperti tidak bisa tidur di malam hari berdampak baik bagi dirinya sendiri,” ujar Dr. Adrian Liston, asisten peneliti yang berasal dari Babraham Institute, Inggris.

Dalam studi ini para peneliti menganalisis kondisi tubuh dari 670 orang dengan variasi umur dari 2 tahun hingga 86 tahun. Para peneliti melihat berat badan serta jenis kelamin sebagai faktor yang dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Kesehatan mereka pun dimonitor selama tiga tahun. Hasilnya, objek penelitian ini rata- rata mampu mempertahankan sistem kekebalan tubuh.Baca juga: Tip Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak 

Lalu apa hubungannya dengan menjadi orangtua? Orang yang hidup bersama pasangan dan mengasuh anaknya sendiri memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik hingga 50%. Menurut Liston, ini adalah penelitian terbaru yang menghubungkan antara dua orang berbeda dengan sistem kekebalan tubuhnya.

Menjadi orang tua memengaruhi sistem kekebalan tubuh karena mengubah seseorang menjadi pribadi yang bahagia, lebih sabar dan dapat memaklumi banyak hal. Hal itu berdampak baik bagi tubuh Mama dan Papa. Jadi, jangan merasa menjadi orang tua jadi beban ya, Mam. (Niken/Boldsky/Pollen)