Banyak Orangtua Tak Sadar Anaknya Obesitas

By Gisela Niken, Rabu, 17 Februari 2016 | 23:00 WIB
Banyak Orangtua Tak Sadar Anaknya Obesitas (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tahukah Mama bahwa jumlah anak obesitas di Indonesia tergolong tinggi di antara negara ASEAN? UNICEF mencatat angka prevalensi obesitas anak Indonesia mencapai 12,2%. Kondisi apa yang bisa digolongkan obesitas? Mama perlu mengetahui hal-hal seputar obesitas pada anak agar dapat menanganinya.

Sebelum melakukan penanganan terhadap anak obesitas, Mama perlu mengetahui apakah benar si kecil mengalami obesitas. Memang sangat sulit membedakan mana anak yang berpotensi mengalami obesitas, dan mana yang memiliki tulang dan otot besar secara alami. Yang lebih parah, banyak orangtua tidak sadar anaknya mengalami obesitas.Baca juga: Waspadai Obesitas Pada Anak  

Sebuah studi yang dibuat oleh Childhood Obesity menemukan bahwa 78% orangtua dari anak-anak usia prasekolah yang obesitas menganggap bahwa anaknya memiliki berat badan ideal. “Kegemukan menjadi begitu umum dan ada kecenderungan  melihat berat badan yang berlebihan menjadi normal,” ujar Dr. Ludwig, salah seorang peneliti dari Childhood Obesity.

Lalu bagaimana mencari tahu apakah anak mengalami obesitas? Pemeriksaan rutin ke dokter menjadi jawabannya. Mama mungkin bisa menghitung berat badan anak berdasarkan Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index/BMI), tetapi ada beberapa hal pula yang dapat menjadi faktor yang membuat anak obesitas.

Mama bisa menggunakan rumus berat badan dibagi tinggi badan. Misalnya si kecil memiliki berat 25 kilogram dengan tinggi 90 cm. Berarti 25 kilogram/0,9 m hasilnya 27,7. Jika hasilnya lebih dari 30 itu berarti si anak mengalami obesitas.

Stephen Pont, MD, MPH, direktur dari Texas Center for the Prevention and Treatment of Childhood Obesity mengatakan, ada beberapa faktor lain selain berat badan yang dapat memicu obesitas. Faktor tersebut antara lain faktor genetik obesitas dari orangtua, waktu menonton televisi atau bermain gadget yang berlebihan, tidur tidak teratur, serta ekonomi keluarga.Baca juga: Ini Cara Cegah Anak Agar Tidak Kegemukan 

Itu dia beberapa hal mengenai obesitas pada anak yang Mama perlu tahu. Jangan anggap remeh asupan gizi pada si kecil ya, Mam. Meskipun masih dalam masa pertumbuhan, ia tetap membutuhkan gizi seimbang agar badannya aktif.(Niken/Parents)