Tip Menghadapi Anak Pertama Masuk Sekolah

By Gisela Niken, Selasa, 16 Februari 2016 | 06:00 WIB
Tip Menghadapi Anak Pertama Masuk Sekolah (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Usia prasekolah menjadi masa yang cukup menyenangkan sekaligus menegangkan. Di satu sisi, Mama pasti senang melihat si kecil akhirnya sekolah. Namun, di sisi lain Mama juga khawatir apakah ia mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Mama perlu melakukan beberapa hal ini saat menghadapi anak pertama masuk sekolah.

1. Jangan terburu-buru di pagi hariPagi hari menjadi waktu yang tak disenangi si kecil, apalagi jika semuanya disiapkan dengan terburu-buru. Terburu-buru dapat menimbulkan paksaan pada si kecil dan berisiko membuatnya rewel. Sejak malam hari, Mama perlu mengatur waktu yang pas mulai dari si kecil bangun hingga perjalanan menuju ke sekolah. Mama perlu mengantisipasi jika si kecil rewel dan jadi terlambat datang ke sekolah. Baca juga: Manfaat Bangun Pagi 

2. Datang lebih awalDengan cara ini, si kecil akan memiliki rasa nyaman terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran. Ia juga dapat bertemu dengan guru terlebih dahulu. Dengan demikian, si kecil akan merasa aman karena sudah diingat oleh guru.

3. Bawa barang kesayanganHal ini dapat dilakukan jika sekolahnya memperbolehkan membawa barang lain selain alat tulis. Bawa mainan kesayangan atau benda yang membuatnya nyaman saat di rumah. Percayalah Mam, ketika sudah bertemu dengan teman baru, si kecil akan melepaskan benda-benda tersebut. Barang kesayangan hanya memberikan stimulus ketenangan untuknya.

4. Mama harus tetap tersenyumKecemasan mungkin ada di dalam diri Mama. Tapi, jangan menunjukkan hal tersebut pada si kecil. Jangan sampai si kecil merasakan bahwa Mama juga takut akan sekolahnya. Jika Mama terlihat senang, ia akan jauh lebih percaya diri.Baca juga: Suka Menangis di Tempat Ramai 

5. Memantaunya namun tidak berlebihanBeberapa sekolah masih memperbolehkan orangtua mengawasi di dalam kelas saat hari-hari pertama si kecil masuk sekolah. Mama hanya perlu melihatnya dari kejauhan. Biarkan ia mengeksplorasi sendiri apa yang ia temukan. Ia perlu mencoba mengatasi ketakutannya sendiri. Setelah berhasil, si kecil akan percaya diri.

6. Berikan salam perpisahanMama tidak perlu diam-diam pergi karena takut si kecil menangis. Jika ia menangis ketika Mama pamit untuk pulang, katakan padanya bahwa Mama akan kembali untuk menjemputnya. Mama juga tidak perlu menyelinap ke dalam sekolah ketika ia merengek. Justru hal itu akan tetap membuatnya takut dan khawatir.

Hari pertama sekolah memang menjadi momen penting bagi si kecil. Mama perlu mengantarnya hingga sampai kelas. Cobalah cara menghadapi anak pertama masuk sekolah tadi agar si kecil percaya diri di dalam kelas. (Niken/WhatToExpect)