Kurangi Gejala Asma pada Anak dengan Makanan Ini

By Gisela Niken, Jumat, 12 Februari 2016 | 06:00 WIB
Kurangi Gejala Asma pada Anak dengan Makanan Ini (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Batuk, napas kembang kempis, itulah gejala penyakit asma yang sering dikenali orang. Penyebabnya adalah peradangan pada saluran napas, sehingga menghambat udara yang keluar dan masuk ke dalam paru-paru.

Menurut situs Alodokter.com, asma merupakan penyakit jangka panjang, dan belum ada obatnya. Yang bisa dilakukan adalah meredakan gejalanya, dan mencegah terjadinya serangan asma.

Para peneliti dari berbagai negara seperti Australia hingga Inggris mencoba menemukan makanan yang dapat meredakan gejala asma pada anak. Hasil penelitian ini dapat pula digunakan untuk melindungi anak dari obesitas, kolesterol, dan diabetes di kemudian hari.Baca juga: Masa Kecil dan Asma 

1. Sayur dan buahTahukah Mama bahwa sayur dan buah dapat menjadi makanan yang mengurangi gejala asma si kecil? Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi sedikit sayur dan buah memiliki peluang tiga kali terkena asma. Sayur dan buah bekerja dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran pernapasan dan membersihkan saluran pernapasan.

Untuk anak penderita asma, Mama perlu menambahkan porsi sayur dan buahnya. Jangan lupa olah sayur  agar si kecil mau memakannya. Jika masih tidak mau, pilih sayuran yang memiliki unsur manis seperti wortel.

2. SusuStudi dari International Study of Asthma and Allergies in Childhood mengungkapkan bahwa kalsium yang terkandung dalam susu dapat mengurangi asma.Tak hanya itu, kandungan magnesium yang tinggi juga turut berperan dalam memperlancar aliran udara pada paru-paru.

Mama harus mengetahui kebutuhan susu si kecil sesuai usianya. Batita membutuhkan 500 mg kalsium dan 80 mg magnesium setiap hari. Sementara balita membutuhkan 800 mg kalsium dan 130 mg magnesium setiap hari. Jika si kecil alergi susu sapi, Mama juga bisa menggantinya dengan susu kedelai.Baca juga: Alergi Susu Sapi Pada Anak 

3. IkanAnak-anak pada dasarnya membutuhkan omega 3 dan omega 6. Namun, Mama perlu memberikannya dengan seimbang. Berdasarkan penelitian USDA, terlalu banyak omega 6 membuat paru-paru jauh lebih sensitif dan memicu terjadinya asma. Menurut para ahli, sajikan lebih banyak omega 3 dibanding omega 6.

Mama bisa memberikan makanan yang meredakan gejala asma ini dua kali seminggu. Cobalah mengganti daging sapi atau ayam dengan ikan segar. Ikan salmon menjadi salah satu ikan yang direkomendasikan.Baca juga: Manfaat Ikan Bandeng untuk Ibu Hamil dan Janin 

Itu dia daftar makanan yang mengurangi gejala asma si kecil. Mama perlu mengingat bahwa makanan ini tidak sebagai pengganti pengobatan dari dokter. Lakukan ini untuk membantu meredakan gejala asma pada anak. (Niken/Female First)