Tip Mengatasi Anak yang Takut Gelap

By Gisela Niken, Kamis, 11 Februari 2016 | 01:21 WIB
Tip Mengatasi Anak yang Takut Gelap (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Banyak anak takut gelap, khususnya anak berusia 4-5 tahun. Hal itu terjadi karena di usia ini imajinasi anak sedang berkembang pesat.

Anak yang takut gelap harus diatasi karena dapat mengganggu kualitas tidur si kecil. Salah satu tipnya adalah memberikan barang yang membuatnya nyaman. Penelitian yang diterbitkan European Journal of Pediatrics menemukan, tidur dengan boneka baru dapat meningkatkan kualitas tidur anak. Mama bisa berkata kepadanya bahwa boneka tersebut akan menjaganya.Baca juga: Anak Lebih Baik Tidur di Dalam Gelap, Ini Alasannya 

Tip mengatasi si kecil yang takut gelap lainnya ialah berhenti mengatakan hal-hal buruk seputar kegelapan. Mama jangan terbiasa mengatakan “Di situ banyak monsternya.” Hal itu membuat imajinasi si kecil berlebihan dan akan membuatnya semakin takut.

Tayangan televisi juga berpengaruh besar terhadap ketakutan si kecil. Mama perlu mendampinginya. Berikan pula pengertian bahwa malam itu memang gelap dan tidak ada yang perlu ditakuti. Katakan pula bahwa di malam hari ia harus beristirahat.

Jika si kecil masih takut, jangan sekali-kali Mama mengatakan bahwa ia adalah seorang penakut. Hal itu justru membuatnya setuju bahwa ia memang seorang yang penakut. Jika ia benar-benar takut, Mama bisa menjanjikannya hadiah bila ia berhasil tidur sendiri tanpa takut.Baca juga: Cara Menangani Anak Penakut 

Tip mengatasi si kecil yang takut gelap juga perlu didukung oleh suasana kamar yang nyaman dan aman. Mama perlu menanyakan padanya barang-barang apa saja yang membuatnya nyaman agar ia berani tidur sendiri. (Niken/Parenting)