3 Tanda Si Kecil Kurang Percaya Diri

By Gisela Niken, Senin, 8 Februari 2016 | 22:00 WIB
3 Tanda Si Kecil Kurang Percaya Diri (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Si kecil lebih suka sendiri ketimbang bermain bersama teman-temannya? Wah, jangan-jangan ia merasa kurang percaya diri. Cari tahu ya, Mam, tanda-tanda anak kurang percaya diri. Mama punya peran penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri itu, karena terkadang memberikan semangat dan pujian kepada si kecil tidak cukup untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya.

1. Tidak bisa menerima pujianAnak-anak yang tidak percaya diri tidak masalah dengan kritik. Justru, mereka sangat tidak bisa menerima pujian. Jika Mama berikan pujian, mereka tak senang karena menurut si kecil pujian Mama tidak benar. Tandanya mereka akan menggeleng atau memutar mata ketika Mama memberi pujian.

2. Tidak bersemangat akan tantanganTidak percaya diri mengakibatkan takut akan kegagalan. Ketika diberi tugas, anak yang tidak percaya diri cenderung tak ingin mencobanya. Mama perlu memperhatikan apakah si kecil mudah menyerah ketika melakukan sesuatu.

3. Lebih senang sendiriMalu menjadi rasa yang paling sering muncul di dalam diri anak yang tidak percaya diri. Dalam pergaulannya, si kecil merasa malu karena takut melakukan kesalahan dan tidak diterima oleh lingkungannya. Ia juga akan merasa tidak nyaman dengan teman-teman sekitarnya. Mama juga perlu waspada jika tiba-tiba ia tidak senang melakukan hal yang pernah ia sukai.

Pastikan Mama selalu memperhatikan gerak-gerik si kecil agar tanda-tanda anak tidak percaya diri ini dapat dicegah. Berikan perhatian khusus jika si kecil mengalami tanda tersebut ya, Mam. (Niken/Pop Sugar)