4 Permainan Seru di Dalam Rumah

By Gisela Niken, Kamis, 4 Februari 2016 | 05:30 WIB
4 Permainan Seru di Dalam Rumah (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com - Musim hujan seperti sekarang ini membuat si kecil jarang bermain di luar. Tapi tenang saja, Mama bisa membuat permainan seru di dalam rumah kok. Jangan khawatir, permainan ini tetap bisa dimainkan meskipun tidak ada ruangan besar di dalam rumah. Tak bisa bermain keluar rumah tidak berarti si kecil hanya menonton televisi atau bermain gadget.

1. Bermain labirinKali ini Mama hanya perlu menggunakan lorong di dalam rumah. Mama bisa menggunakan tali atau pita untuk mengubahnya menjadi rintangan kecil. Tugas si kecil cukup mudah hanya melewati lorong tersebut tanpa menyentuh tali atau pita. Jika berhasil, ada hadiah menanti si kecil. Permainan merangkak di lorong mengajarkan anak untuk tidak takut ruangan sempit atau tertutup.

2. Bermain dengan permenMama cukup membeli permen dengan bungkus warna-warni. Tumpahkan dan campur permen di atas meja. Tugas si kecil cukup mudah. Ia harus mengelompokkan warna permen dalam kurun waktu tertentu. Mama bisa juga meminta anggota keluarga lain menjadi lawan main si kecil.

3. Tebak emosiPermainan ini membutuhkan lawan bermain. Mama bisa meminta anggota keluarga lain seperti Papa. Sebelumnya, perkenalkan si kecil pada berbagai ekspresi seperti marah, sedih, gembira, dan lain-lain. Permainan dimulai dari tim lawan yang memeragakan ekspresi, tapi tidak boleh bersuara. Minta si kecil menebak ekspresi tersebut. Jangan lupa berikan si kecil kesempatan untuk memperagakan emosi.

4. Ubah gambarSebelum bermain, Mama perlu menyiapkan kertas dan pensil. Setelah itu, Mama menggambar berbagai garis yang tidak beraturan. Berikan tugas kepada si kecil untuk mengubah garis tersebut menjadi gambar hewan atau bangunan.

Itu dia empat permainan yang bisa dilakukan di dalam rumah. Jangan lupa beri hadiah kecil jika ia berhasil bermain dengan baik ya, Ma.(Niken/Parents)