Makanan Berserat Mencegah Kanker Payudara

By Gisela Niken, Kamis, 4 Februari 2016 | 01:25 WIB
Makanan Berserat Mencegah Kanker Payudara (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kanker payudara adalah penyakit mematikan yang ditakuti kaum perempuan. Namun, penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dengan mengatur pola makan kita sejak dini. Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian di jurnal Pediatrics, yang mengatakan bahwa remaja dan dewasa muda yang mengonsumsi makanan berserat dapat mencegah kanker payudara di kemudian hari.

Sayangnya, sekarang ini masyarakat kita banyak diserbu dengan makanan olahan (processed food) seperti kornet, mi instan, makanan beku, hingga minuman bersoda yang mengandung bahan kimia. Bahan yang dapat memicu kanker ini terkadang memang tidak bisa dihindari, karena gaya hidup dan rutinitias membuat kita bergantung pada makanan yang serba instan.

Hal ini membuat kita tidak lagi banyak mengonsumsi bahan makanan segar, khususnya buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Padahal, sebuah studi dari Harvard's School of Public Health menunjukkan lebih dari 90.000 perempuan yang mengonsumsi serat sejak kecil kemungkinannya terkena kanker payudara 16% lebih rendah. Menurut penelitian yang telah berlangsung selama 20 tahun ini, serat dapat menurunkan hormon estrogen. Hormon inilah yang mempunyai peran penting dalam perkembangan kanker.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa kanker payudara sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi saat anak-anak hingga remaja,” ujar Dr. Walter Willet, ahli kesehatan dan gizi dari Harvard, yang memimpin penelitian ini.

Para peneliti juga memberikan gambaran mengenai porsi makanan berserat yang dapat mencegah kanker payudara. Mama bisa menambahkan 10 gram tambahan serat ke makanan si kecil, terutama anak perempuan. Dengan begitu, risiko terkena kanker payudara turun 13%.

Kira-kira makanan apa ya yang tergolong berserat tinggi? Mama bisa menggunakan ubi jalar, alpukat, kacang-kacangan, polong-polongan, brokoli, kentang, pisang, jeruk, hingga gandum. Buah dan sayuran berwarna juga memberikan manfaat antioksidan dan senyawa lain yang mampu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, diabetes, dan kondisi lain.  

Nah, pastikan Mama memberikan makanan berserat untuk mencegah kanker payudara.

(Niken/ Today.com)