14 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta yang Mama Belum Tahu

By Ipoel , Minggu, 31 Januari 2016 | 05:23 WIB
14 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta yang Mama Belum Tahu (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Terletak di bagian selatan Pulau Jawa, jarak antara Yogyakarta dengan pesisir pantai selatan yang menawarkan bentang alam nan indah dan dramatis kurang lebih hanya satu-dua jam perjalanan saja.

Bayangkan, di Kabupaten Gunung Kidul saja terdapat lebih dari 60 buah pantai! Maka tak salah bila kami menjuluki Yogyakarta sebagai surganya para beach-hopper.

Jika Mama dan keluarga  tak memiliki kendaraan sendiri, siapkan sedikit dana ekstra untuk menyewa mobil atau sepeda motor, karena angkutan umum menuju tempat-tempat ini amat sulit ditemukan.

Sepanjang perjalanan menuju pantai kendaraan akan melalui pedesaan tradisional yang eksotis, perbukitan, hingga melintasi hutan nan hijau.

Dengan banyaknya pantai indah yang bisa dikunjungi, Mama mungkin tak akan punya cukup waktu untuk menghabiskan malam di salah satunya.

Jangan buang-buang waktu dengan bepergian ke pantai yang disesaki oleh wisatawan. Untuk membantu Mama dan keluarga, kami telah membuat daftar pantai-pantai terbaik di Yogyakarta yang layak untuk dikunjungi.

1. Bersantai di Kolam Alami: Pantai Wedi Ombo

Ingin berendam di laut tapi takut tersapu ombak? Mama dapat melakukannya di Pantai Wedi Ombo yang terletak di Gunung Kidul. Di sana Mama dan keluarga dapat bersantai di dalam air laut dengan tenang sambil menunggu matahari terbenam.

14 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta yang Mama Belum Tahu

Photo via a_revan

Dikelilingi oleh gugusan karang yang berjajar rapi, sekilas laguna alami di Pantai Wedi Ombo tampak seperti sengaja dibuat oleh manusia.

14 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta yang Mama Belum Tahu

Photo via soga soegiarto

14 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta yang Mama Belum Tahu

Photo via Nita Thalia

Meski terlihat aman, namun Mama harus waspada karena ombak yang tinggi tetap dapat mencapai kolam alami tersebut dan menyeret  ke laut atau membuat Anda terhempas ke karang.

14 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta yang Mama Belum Tahu

Photo via ant_droid, Nita Thalia

Pantai Wedi Ombo

Lokasi: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta Tiket Masuk: Rp 5.000,- Cara ke Sana:  Jika membawa kendaraan pribadi, Mama dapat menyusuri Pantai Siung, Tepus lalu belok kanan sampai Girisubo. Jika memilih kendaraan umum, dari Terminal Giwangan naik bus jurusan Jogja-Wonosari. Setibanya di Wonosari, lanjutkan perjalanan dengan bus kecil jurusan Wonosari-Jepitu. Bus ini berangkat setiap 20 menit sekali. Kemudian Anda turun di pertigaan Jepitu. Satu-satunya cara untuk sampai ke Pantai Wedi Ombo dari pertigaan tersebut adalah dengan menggunakan ojek. Koordinat di sini.

2. Surga yang Terapit Dua Tebing: Pantai Wohkudu

Terletak di Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, Pantai Wohkudu memiliki pesona dan keindahan yang berbeda dari pantai-pantai lain di Yogyakarta. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini sangat cocok bagi Mama dan keluarga yang ingin mencari ketenangan.

14 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta yang Mama Belum Tahu

Photo via shobekcorp

Entah karena lokasinya yang sukar dicapai atau minimnya informasi tentang pantai ini yang membuatnya sangat jarang dikunjungi wisatawan.

Ya, pantai ini memang khusus bagi Mama yang menyukai tantangan. Jalan berliku serta medan yang cukup berat begitu memasuki Kecamatan Panggang (hanya ada pepohonan di kanan kiri jalan) membuat Mama butuh usaha ekstra untuk mengunjunginya.

Lambat laun jalan yang ditempuh pun menjadi semakin sempit, sehingga mau tak mau Mama harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak melewati ladang pertanian warga.

14 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta yang Mama Belum Tahu

Photo via ardhicemet

Beberapa bagian jalan setapak yang dilalui penuh dengan semak belukar sehingga Mama harus berhati-hati. Namun semuanya akan terbayar lunas saat Mama melihat panorama laut, pasir putih dan tebing-tebing yang berdiri kokoh diantara bibir pantai.

Selain indah dilihat, celah karang yang ada di pantai ini memberikan perlindungan tersendiri bagi para pengunjung. Panjang bibir Pantai Wohkudu cukup sempit, kurang dari 100 meter dengan pasir pantai berwarna putih yang sebagian tertutup batu karang serta tanaman liar.

14 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta yang Mama Belum Tahu

Photo via soga-soegiarto

Tentu saja, semua itu tak jadi masalah apabila Anda ingin mencari suasana yang tenang dan sunyi

Pantai Wohkudu

Lokasi: Desa Nglaos, Dukuh Wiroso, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta Cara ke Sana: Untuk menempuh tempat ini kita memerlukan waktu sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta dengan rute perjalanan Yogyakarta-Imogiri-Panggang. Sebelum mencapai Pantai Kesirat, belok ke kiri. Informasi mengenai Pantai Wohkudu sangat terbatas, jadi Anda harus rajin-rajin bertanya kepada penduduk sekitar. Koordinat di sini.

3. Kebun Buah Naga dan Panorama Menawan dari Ketinggian: Mercusuar di Pantai Pandansari

Pantai Pandansari di Bantul merupakan satu-satunya pantai di Yogyakarta yang memiliki mercusuar dengan ketinggian menjulang lebih dari 30 meter.

14 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta yang Mama Belum Tahu