Hati-hati, Ada Ayam Isi Belatung meski Dikemas Rapi

By Ipoel , Selasa, 26 Januari 2016 | 23:53 WIB
Hati-hati, Ada Ayam Isi Belatung meski Dikemas Rapi (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Berhati-hatilah saat hendak membeli makanan cepat saji yang dijual dalam kemasan, isinya bisa bikin jantung berdegup kencang. Seorang pelanggan malah menemukan belatung di dalam ayam dalam kemasan yang baru saja dimasaknya itu.Seperti dikutip dari akun Path Nabila, Senin (25/1), dia mengungkapkan temuan tersebut kepada rekan-rekannya. Semula, dia merasa tidak ada masalah dengan produk spicy chicken dengan merek ternama yang dibelinya.

Baca juga : Waspada jajanan anak berisi kondom. Cek infonya di sini

Saat sedang menikmati santapannya, Nabila terkejut ada sesuatu yang bergerak di tangannya. Setelah diteliti, ternyata hewan tersebut adalah belatung, dan yang lebih mengejutkan lagi, binatang itu bergerak-gerak di dalam daging ayam yang akan dia santap.Padahal, ayam tersebut telah melalui proses pendinginan yang cukup tinggi, bahkan kemasannya cukup rapi. Saat hendak disantap, ayam yang sudah dibumbui itu digoreng dengan suhu tinggi dalam waktu lama. Sayangnya, belatung-belatung itu tidak mati. Kalau dilihat, masa kedaluwarsanya juga masih lama.  Berikut cerita Nabila dalam akun path miliknya:"Sekedar informasi saja. Bagi mom yang suka makan produk ini agar lebih berhati-hati. Selepas magrib tadi anak saya makan spicy chick merk fies** ayam berbumbu yang tinggal digoreng doang. Kaget banget pas mau abis tuh ayam, tiba-tiba ada yang ngerembet di tangan pas diperhatiin ternyata belatung. Bingung terbingung darimana gerangan datangnya. Selidik punya selidik ternyata tuh belatung datang dari ayam seperti yang berada di dalam gambar. Masya Allah, itu produk beli beku, disimpen dalam freezer, udah gitu digoreng pula hebatnya tuh belatung hidup enggak mati. Padahal exp masih lama lho."

Baca juga : Hati-hati sabu-sabu dan narkoba berbentuk permen kini beredar

JADILAH KONSUMEN CERDAS

Menyikapi temuan netizen tersebut, Mama memang harus hati-hati dan teliti sebelum membeli, termasuk membeli produk dalam kemasan. Meski dikemas rapat dan rapi, juga berasal dari produk ternama, tidak menjamin produk tersebut aman. Mungkin saja perusahaan sudah mengemas dan mengolahnya dengan baik, steril, dan higienis, tapi dalam proses perjalanan atau penjualan ada masalah, sehingga menyebabkan produk itu terkontaminasi bakteri.

Berikut cara menjadi konsumen cerdas:

1. Bila produk tersebut tidak dalam kemasan, cek kondisi fisiknya, apakah masih fresh atau tidak dengan melihat ciri warna dan bentuknya. Kita juga dapat menentukan kualitasnya dengan mencium aromanya. Misalnya dalam memilih daging ayam yang baik dengan melihat ciri fisiknya seperti memiliki permukaan kulit putih kekuningan, warna lemak putih kekuningan merata di bawah kulit, tidak ada tanda memar atau tanda lainnya, serta bau daging segar dan tidak berbau asing atau abnormal.

Baca juga: Ternyata ini arti stiker angka pada buah-buahan

2. Bila produk berada dalam kemasan, Mama sebaiknya mengecek:

a. Komposisi bahan, apakah mengandung pengawet atau bahan kimia berbahaya

b. Kandungan gizi, produk yang hendak saya beli harus menyebutkan kandungan gizi yang terdapat pada produk tersebut