Minum Kopi Tiap Hari Bikin Panjang Umur

By Dini, Kamis, 7 Januari 2016 | 04:45 WIB
Minum Kopi Tiap Hari Bikin Panjang Umur (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Mama terbiasa minum kopi setiap hari, dan khawatir akan efek buruknya terhadap kesehatan? Tenang, minum kopi tiga sampai lima cangkir sehari ternyata bisa membantu Mama hidup lebih lama. Karena, kopi bisa mengurangi risiko kematian prematur karena penyakit jantung, penyakit saraf seperti Parkinson, dan diabetes tipe 2, demikian menurut penelitian baru dari Universitas Harvard.

Jika Mama tidak tahan dengan kandungan kafein dalam tiga sampai lima cangkir kopi, tak masalah juga. Karena kopi decaf juga tetap bermanfaat berkat adanya senyawa tumbuhan lainnya di dalam kopi.Studi in melibatkan lebih dari 200.000 relawan pria dan wanita, di mana konsumsi kopi mereka dimonitor melalui kuesioner setiap empat tahun dalam kurun waktu 30 tahun. Hasilnya seperti telah disebut tadi, kopi bisa membuat kita panjang umur dengan mengenyahkan berbagai penyakit."Studi ini memberikan bukti-bukti lebih lanjut yang menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang bisa memberikan manfaat kesehatan, dengan cara mengurangi kematian prematur akibat berbagai penyakit," kata Profesor Frank Hu dari Harvard T H Chan School of Public Health.

Meskipun begitu, ada pertimbangan lain mengapa Mama jangan terlalu senang dulu dengan hasil penelitian ini. Emily Reeve, perawat jantung senior dari the British Heart Foundation, memperingatkan bahwa menjaga kesehatan secara umum lebih penting agar jantung Mama tetap sehat. Jadi, bukan berapa cangkir kopi yang Mama minum setiap hari.

"Penelitian sebelumnya mengatakan bahwa minum hingga lima cangkir kopi sehari tidak berbahaya bagi kesehatan jantung, dan studi ini mendukung hal tersebut. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk benar-benar memahami bagaimana kopi memengaruhi tubuh kita, dan apa kandungan dalam kopi yang memengaruhi risiko serangan jantung atau stroke," katanya. 

Lebih penting lagi, perlu diingat, minum kopi bikin panjang umur kalau Mama meminumnya dengan cara yang benar. Yaitu, tanpa tambahan gula. (Dini/Marie Claire)