Ini Daftar 9 Pembalut yang Mengandung Klorin

By Ipoel , Selasa, 7 Juli 2015 | 11:00 WIB
Ini Daftar 9 Pembalut yang Mengandung Klorin (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com -   Laporan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) membuat heboh kaum hawa. Betapa tidak, YLKI menemukan 9 pembalut mengandung klorin alias zat pemutih yang berpotensi membahayakan kesehatan penggunanya. Ini daftar 9 pembalut yang mengandung klorin, alias bahan kimia yang mengandung pemutih.

Adapun pembalut yang mengandung zat pemutih tertinggi yaitu pembalut merek Charm dengan kadar klorin mencapai 54,73 ppm (parts per million). Berikut 9 pembalut yang mengandung bahan kimia pemutih atau klorin:

  1. Charm (54,73 ppm)
  2. Nina Anion (39,2 ppm)
  3.  My Lady (24,44 ppm)
  4.  VClass Ultra (17,74 ppm)
  5.  Kotex (8,23 ppm)
  6.  Hers Protex (7,93 ppm)
  7.  Laurier (7,77 ppm)
  8.  Softex (7,3 ppm)
  9.  Softness Standar Jumbo Pack (6,05 ppm)

Pembelian sampel dilakukan dalam kurun waktu Desember 2014-Januari 2015 dari ritel modern, agen, dan toko. Uji laboratorium menggunakan metode analisis kimia spektrofotometri yang dilakukan di laboratorium TUV NORD Indonesia yang telah terakreditasi. Arum menjelaskan, bahan pembalut yang digunakan tidak 100 persen dari kapas, tetapi ada yang menggunakan campuran bubuk kayu dan limbah pakaian yang mengandung klorin. Penelitian ini pun, lanjut Arum, dilakukan untuk memenuhi hak konsumen untuk memakai produk yang aman. Kandungan klorin pada pembalut dikhawatirkan dapat menganggu kesehatan organ intim wanita yang menyebabkan risiko iritasi hingga keputihan. "Perusahaan harus memperhatikan keamanan produk yang dibuatnya, apalagi di daerah sensitif bagi wanita," kata Arum.