Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat

By Puri, Selasa, 7 Juli 2015 | 05:00 WIB
Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat (Puri)

Tabloid-Nakita.comAlat kontrasepsi dibutuhkan untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan. Sayangnya, saat ini terlalu banyak pilihan alat kontrasepsi yang membuat Ibu menjadi kebingungan dalam memutuskan alat kontrasepsi yang tepat. Ditambah lagi dengan kabar mengenai efek samping kontrasepsi yang membuat khawatir.

Namun, Ibu tak usah khawatir karena berikut ini adalah beberapa jenis alat kontrasepsi serta manfaatnya, agar Ibu dapat memilih alat kontrasepsi yang tepat, antara lain:

1.    PilAlat kontrasepsi memiliki dua jenis pil, yaitu pil kombinasi dan juga pil progestin. Pil kombinasi efektif melindungi kehamilan 99 persen bila dikonsumsi secara rutin, namun tidak dianjurkan untuk perokok. Sedangkan, pil progestin lebih aman bagi mereka yang merokok, namun harus dikonsumsi di jam yang sama setiap harinya.2.    IUD (intrauterine device) atau spiralAlat kontrasepsi yang satu ini terbuat dari tembaga dan dipasang di rahim, tujuannya adalah untuk menghalangi sperma mencapai sel telur. Akan tetapi, IUD hanya dianjurkan untuk Ibu yang sudah pernah melahirkan dan ingin menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang.3.    DiafragmaDiafragma terbuat dari karet dan berbentuk seperti kubah. Alat kontrasepsi ini harus dipasang dengan bantuan dokter dan harus dilepas saat Ibu akan menjelang menstruasi.4.    KondomKondom jika digunakan dengan cara yang benar dapat mencegah sperma memasuki rahim. Waspadai juga alergi yang mungkin dialami pihak wanita terhadap bahan kondom.