Ada Kutil di Organ Intim Sebabkan Sulit Punya Anak

By Ipoel , Rabu, 27 Mei 2015 | 22:00 WIB
Ada Kutil di Organ Intim Sebabkan Sulit Punya Anak (Ipoel )

TANYA:

Dokter Judi, saya (29), baru-baru ini saat mandi meraba alat kelamin dan menemukan ada semacam kutil di bibir vagina. Apakah kutil di organ intim sebabkan sulit punya anak, Dok? Bagaimana kalau saya berhubungan intim dengan suami, apakah dapat menimbulkan perdarahan serta dapat menular? Bagaimana pengobatannya? Mohon jawaban dari Dokter Judi. Terima kasih.Jane – Palu

JAWAB:

Sebaiknya Ibu segera ke dokter spesialis kandungan untuk memeriksa apakah penyakit tersebut betul kutil (kondiloma akuminata). Sebab, kondiloma akuminata dapat disebabkan oleh virus HPV dan bersifat menular, terutama melalui hubungan seksual.  Virus HPV dapat menghambat Mama untuk hamil dan punya anak. Kondiloma akuminata dapat diobati dengan obat khusus yang mengandung komponen antikanker atau bisa juga dibakar dengan kauter elektrik. Saya sulit menjawab dengan pasti karena penyakit ini harus diperiksa secara langsung. 

Bila betul Ibu memang terkena kondiloma akuminata, maka dinding vagina dan mulut rahim juga harus diperiksa, kemudian lakukan Pap’s smear, dan analisis HPV DNA. Suami juga harus diperiksa dan bila positif, juga harus diobati oleh spesialis penyakit kulit dan kelamin. Pencegahan juga merupakan faktor penting agar penyakit tersebut tidak berulang atau menjadi bertambah parah dan menular kepada pasangan seksual.