Hamil Setelah Sesar

By Santi Hartono, Sabtu, 7 November 2015 | 06:00 WIB
Hamil Setelah Sesar (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Tak sabar untuk bisa segera menambah momongan? Banyak Mama yang ingin segera menambah anak bahkan ketika anak pertama mereka masih di bawah umur satu tahun, baik yang melahirkan secara normal maupun yang melewati operasi Sesar. Lalu sebenarnya berapakah rentang aman untuk hamil lagi setelah operasi sesar? Kapan Mama boleh hamil setelah sesar?

    Secara umum, untuk mencoba hamil lagi Mama mungkin sebaiknya menunggu 18 hingga 23 bulan setelah kelahiran si sulung—rentang waktu yang sama yang direkomendasikan para dokter bagi para mama yang melahirkan secara normal.

   Meski rentang itu tampak sangat lama, pertimbangkanlah peristiwa yang telah Mama lewati, suatu operasi besar untuk melahirkan seorang bayi, dan Mama perlu waktu agar tubuh Mama bisa pulih serta mengembalikan gizi yang terkuras. Mama mungkin saja menderita anemia akibat hilangnya zat besi yang telah Mama berikan kepada si kecil dan juga plasenta di sepanjang kehamilan, serta darah yang keluar selama proses persalinan. Wanita yang melahirkan lewat operasi Sesar cenderung kehilangan darah hingga dua kali lipat—rata-rata sebanyak dua liter—dibandingkan wanita yang melahirkan secara normal.

  Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang kembali mengandung kurang dari enam bulan setelah melahirkan punya risiko yang lebih tinggi untuk mengalami komplikasi, seperti ruptur upteri, kelahiran prematur, atau melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Mama juga sebaiknya mempertimbangkan waktu untuk menyesuaikan diri sebagai orangtua sebelum menambah anggota keluarga baru selanjutnya. Dengan memberikan waktu lebih banyak kepada diri sendiri untuk pulih dan beradaptasi dengan peran baru, Mama akan memberikan bayi Mama yang kedua awal kehidupan yang lebih baik.

  Meski begitu, jika Mama sudah hamil meski rentangnya belum mencapai 18 bulan, jangan langsung panik, ya. Rentang minimal 18 bulan antarkehamilan merupakan panduan yang dirancang untuk mengurangi risiko komplikasi, tapi banyak wanita yang sudah hamil sebelum melewati waktu minimal itu dan kehamilannya baik-baik saja.

  Apabila saat ini usia Mama berada di pertengahan 30an, rentang aman untuk hamil lagi setelah operasi sesar akan lebih singkat, yaitu sembilan sampai 12 bulan. Penyebabnya karena untuk wanita di atas 35 tahun, peluangnya untuk hamil lagi akan menurun seiring meningkatnya usia.

Yang sebaiknya diingat, rentang aman untuk hamil lagi setelah operasi sesar bisa berbeda dari satu wanita ke wanita lain, jadi bicarakanlah rencana Mama untuk memiliki anak kedua dengan dokter atau bidan Mama untuk mendapatkan saran terbaik.