Mengenal Alat Tes Kehamilan Pribadi

By Santi Hartono, Jumat, 11 September 2015 | 05:00 WIB
Mengenal Alat Tes Kehamilan Pribadi (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Dewasa ini, Ibu bisa dengan sangat mudah mencari tahu apakah Ibu tengah hamil atau tidak, yaitu cukup dengan menggunakan alat tes kehamilan pribadi di kamar mandi. Berikut ini semua info yang Ibu butuhkan untuk lebih mengenal alat tes kehamilan pribadi.

     Tidak seperti zaman Ibu kita dulu, yang harus menunggu terlambatnya menstruasi lalu mengunjungi dokter untuk mengetahui apakah di rahim mereka sudah ada bayi yang dinantikan atau belum, kini kita bisa mencari tahu kehadiran si kecil dengan lebih cepat, lebih awal, dan lebih akurat dengan menggunakan alat tes kehamilan pribadi. Dan cara menggunakannya pun amat sangat mudah.

     Semua alas tes kehamilan prbadi mengukur hal yang sama dalam urine: kadar hCG (Human Chorionic Gonadotropin), hormon yang diproduksi oleh plasenta selama awal kehamilan. HCG menemukan jalannya ke dalam aliran darah serta urine Ibu hampir segera setelah embrio mulai tertanam di dalam rahim, yaitu antara enam sampai 12 hari setelah terjadinya pembuahan. Setelah alat tes kehamilan pribadi mendeteksi adanya hCG dalam urine Ibu, dia akan memunculkan dua garis berwarna merah, atau biru, atau tanda apapun (bergantung merknya) yang menunjukkan bahwa Ibu tengah positif hamil.

     Meski sulit menunggu, bahkan hanya selama beberapa hari untuk mencari tahu apakah Ibu tengah mengandung atau tidak, Ibu hanya akan menghabiskan uang jika mulai menggunakan alat tes kehamilan pribadi pada pagi hari setelah melakukan hubungan badan. Meski saat ini alat tes kehamilan pribadi sudah semakin sensitif dan akurat, ada waktu yang harus ditunggu hingga mereka bisa benar-benar bekerja. Jika Ibu sudah mulai melakukan tes tujuh hari setelah ovulasi, Ibu umumnya akan mendapatkan “tanda negatif palsu” bahkan jika Ibu sudah hamil sekali pun; ketika itu kadar hCG di urine Ibu masih terlalu sedikit. Tunggulah beberapa hari dan hasil tesnya akan berganti positif jika Ibu memang hamil. (Tanda positif palsu juga bisa saja muncul, meski tidak sesering tanda negatif palsu.)

     Seberapa cepat Ibu bisa memperoleh hasil yang akurat dari alat tes kehamilan pribadi bergantung pada sejauh mana keinginan Ibu agar alat itu bekerja dengan akurat. Apakah Ibu termasuk orang yang suka bertaruh? Beberapa alat tes menjanjikan keakuratan hingga 60% jika Ibu melakukan tes empat hari sebelum jadwal menstruasi Ibu yang selanjutnya tiba. Lakukanlah tes pada hari di mana Ibu seharusnya mengalami menstruasi dan akurasinya meningkat hingga 90% (10% wanita yang hasil tesnya tidak tepat biasanya memang hamil tapi embrio mereka tidak benar-benar menempel pada dinding rahim dan meluruh.) Lakukan tes beberapa hari kemudian, dan tingkat akurasinya akan semakin meningkat. Tunggulah sampai menstruasi Ibu terlambat seminggu dan alat tes kehamilan pribadi Ibu tingkat akurasinya akan melonjak hingga 97%.

     Cara pemakaian alat tes kehamilan pribadi umumnya sangat mudah. Ibu tinggal mengikuti instruksi yang ada di kemasannya. Saat ini Ibu tidak perlu melakukan tes dengan menggunakan urine pertama di pagi hari, meski jika melakukannya Ibu akan mendapatkan hasil yang lebih akurat (karena urine Ibu akan mengandung kadar hCG yang lebih tinggi).

      Setelah itu Ibu menunggu—tapi tidak terlalu lama. Ibu akan melihat indikator yang muncul dari alat tes tersebut. Hasilnya sendiri membutuhkan waktu beberapa menit untuk benar-benar terlihat. Dan ya, garis ganda yang Ibu lihat, tidak peduli setipis apapun, menunjukkan bahwa ada hCG—serta bayi—di dalam tubuh Ibu. Selamat—Ibu hamil!