Hindari Olahraga Berlebihan Bila Ingin Cepat Punya Anak

By Ipoel , Senin, 13 April 2015 | 04:00 WIB
Hindari Olahraga Berlebihan Bila Ingin Cepat Punya Anak (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Olahraga merupakan kebiasan yang sehat, khususnya dalam menjaga berat badan ideal Anda. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan juga. Terlalu banyak berolahraga bisa menyebabkan Anda tidak bisa berovulasi. Jadi hindari olahraga berlebihan bila ingin cepat punya anak.

Kapan olahraga bisa dikatakan berlebih? Pertama, setiap perempuan itu berbeda. Jika Anda seorang yang suka berolahraga secara ektrim dan tetap memiliki haid secara teratur, maka tidak ada masalah dengan pola olahraga Anda.  Tapi ingat, datangnya haid yang teratur bukanlah akibat langsung dari  berolahraga terlalu berat.

Biasanya yang terpengaruh duluan adalah siklus haid menjadi lebih pendek. Seharusnya Anda haid 14 hari setelah ovulasi, tapi terlalu banyak olahraga bisa memangkas siklus tersebut.

Dan ini bisa menjadi sinyal Anda untuk menurunkan aturan berolahraga Anda. Cobalah untuk mendeteksi berapa lama yang diperlukan tubuh Anda untuk datang haid setelah berovulasi.

Tak hanya berolahraga, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat yang lain, seperti menghindari rokok dan mengonsumsi makanan yang sehat. (AA)