Cara Alami Untuk Mengecek Kesuburan

By Ipoel , Rabu, 1 April 2015 | 10:00 WIB
Cara Alami Untuk Mengecek Kesuburan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Sebelum ke dokter, coba cara alami untuk mengecek kesuburan Anda.

Setelah menikah, sebagian besar pasangan ingin bisa segera memiliki momongan. Tapi terkadang, faktor kesuburan menjadi penghambat terwujudnya impian tersebut. Dan umumnya, pasangan baru menyadari adanya masalah kesuburan ketika mereka sedang menjalani program hamil.

Deteksi masalah kesuburan lebih dini akan meningkat kesempatan Anda untuk segera memiliki momongan loh. Coba perhatikan cara alami untuk mengecek kesuburan Anda:

  1. 1.    Periksa siklus menstruasi.

Bagaimana siklus haid Anda? Perempuan yang memiliki siklus haid setiap 24-35 hari sekali berarti  proses ovulasinya normal. Mengapa siklus haid menjadi faktor penting dalam menentukan kesuburan seseorang? Sebab siklus haid yang teratur menunjukkan bahwa Anda memiliki hormon dan pelepasan telur yang bekerja dengan baik.

  1. 2.    Periksa bobot tubuh.

Apakah Anda sudah memiliki bobot yang sehat? Tahukah Anda perempuan obesitas atau terlalu kurus  memiliki risiko tinggi alami masalah pada kesuburannya.

Kadar lemak yang berlebih pada perempuan gemuk akan menggangu keseimbangan hormon yang dibutuhkan saat proses ovulasi, pertumbuhan embrio, dan perkembangan kehamilan yang sehat.  Sedangkan, bobot tubuh yang terlalu kurus juga akan mengganggu kerja sistem tubuh, termasuk ovulasi.

  1. 3.    Apakah Anda seorang perokok?

Jika iya, maka Anda juga harus tahu bahwa kebiasaan buruk ini dapat merusak kualitas indung telur dan ganggu proses ovulasi. Tak sampai di situ saja, merokok juga akan mempersulit Anda untuk hamil, serta meningkatkan risiko terjadinya keguguran. Dan risiko akan meningkat signifikan jika suami Anda juga seorang perokok.

  1. 4.    Berapa umur Anda sekarang?

Sebab tingkat kesuburan tertinggi perempuan ada pada rentang usia 20-30 tahun. Memasuki usia 35 tahun, biasanya tingkat kesuburuan akan mulai turun. Dan menginjak usia 40, fertilitas perempuan akan menurun drastis sehingga sangat sulit untuk bisa hamil. (AA)