Berhenti Merokok, Kapan Boleh Hamil?

By Santi Hartono, Selasa, 31 Maret 2015 | 21:00 WIB
Berhenti Merokok, Kapan Boleh Hamil? (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Semua orang sepakat kalau nikotin berbahaya bagi tubuh, terutama untuk Mama yang sedang mencoba hamil, apalagi yang sedang mengandung. Bagi Mama yang ingin hamil dan terbiasa merokok, tentunya kebiasaan itu sebaiknya dihentikan. Tujuannya agar tubuh Mama tidak memiliki kandungan nikotin sekecil pun, dan meminimalkan risiko yang bisa membahayakan janin. Lalu setelah berhenti merokok, kapan Mama diperbolehkan hamil?

Menurut pakar, bayi Mama akan baik-baik saja apabila Mama berhenti merokok sebulan sebelum mencoba memiliki momongan. Idealnya, seluruh sistem tubuh Mama bersih dari nikotin saat hamil, karena zat tersebut merupakan vasokonstriktor, yang bisa menyempitkan pembuluh darah—termasuk pembuluh darah menuju plasenta dan bayi. Rokok yang dihisap langsung maupun asap pembakaran akhirnya dapat meningkatkan risiko keguguran, cacat lahir, serta komplikasi kandungan lainnya, selain menurunkan peluang Mama untuk hamil.

Karena itu sebaiknya Mama bukan hanya berhenti merokok, tapi juga berhenti menggunakan produk lain yang mengandun nikotin, seperti nicotine patch atau pun nicotine gum sebelum dan selama mengandung. Dan agar berhasil melakukannya, Mama sebaiknya membuat rencana yang matang karena nikotin membuat Mama kecanduan, sama seperti heroin, dan meminta Mama perokok untuk langsung berhenti merokok tidaklah realistis.

Rencana matang itu bisa berbentuk seperti berikut:

Dari contoh tadi, Mama bisa menghitung berapa banyak minggu yang dibutuhkan untuk membersihkan sistem tubuh Mama dari nikotin. Metode ini merupakan cara penghentian secara perlahan dan semestinya tidak menyebabkan gejala ketagihan yang menyakitkan. Setelah bebas dari nikotin selama satu bulan, Mama bisa mulai mencoba untuk hamil.

Tentunya masih banyak metode lain yang bisa Mama coba untuk menghentikan kebiasaan merokok. Dan Mama tidak perlu melakukan hal ini sendirian. Carilah program berhenti merokok yang bisa memberi Mama dukungan serta dorongan untuk melewati proses ini. Bicarakan hal ini dengan dokter Mama dan dia akan bisa memberikan informasi yang Mama butuhkan untuk berhenti.

Selamat mencoba!