Hamil Di Usia 35 Tahun? Siapa Takut!

By Ipoel , Kamis, 15 Oktober 2015 | 21:00 WIB
Hamil Di Usia 35 Tahun? Siapa Takut! (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Di zaman modern seperti sekarang, perempuan hamil di atas umur 30 tahun itu hal yang biasa. Alasannya pun beragam, mulai dari karena merintis karier, terlambat menikah, hingga sulit mendapatkan keturunan. Hamil di atas 35 tahun? Siapa takut!

Meski tidak seideal saat usia 20-an, tapi hamil pada usia di atas 35 tahun masih diperbolehkan. Asalkan Anda tetap waspada dengan risiko yang mungkin timbul dan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Jangan lupa untuk selalu mengonsultasikannya pada dokter secara rutin. Sebab hamil di usia ‘terlambat’ juga memiliki risiko yang banyak, seperti pre-eklampsia, kelahiran prematur, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas,  hingga keguguran.

Meskipun hamil di atas 35 tahun risikonya tinggi, tapi Anda tetap bisa memiliki kehamilan yang sehat  kok. Caranya: Perhatikan beberapa hal di bawah ini:

Miliki pola hidup sehat.

Sebenarnya umur 35 tahun ke atas bukanlah batasan Anda untuk bisa hamil dengan sehat. Anda bisa menekan angka risiko yang mungkin timbul dengan menjalankan pola hidup sehat secara benar. Mulai dari menjaga berat badan, berhenti merokok dan minum alkohol, berolahraga secara rutin.

Jika Anda menderita penyakit diabetes atau tiroid, lebih baik sembuhkan dulu penyakit Anda sebelum berencana hamil.

Lakukan USG lebih awal.

Mengapa? Pemindaian dilakukan lebih dini agar bisa mendeteksi kelainan-kelainan apa yang terjadi pada janin lebih awal. Jika umumnya dilakukan saat kehamilan menginjak usia delapan minggu, untuk perempuan hamil berusia 35 tahun ke atas dilakukan saat usia kandungan enam minggu.

Lakukan pemeriksaan darah.

Coba cek tekanan darah dan kadar gula darah. Tekanan darah yang terkontrol secara rutin akan menekan risiko terjadinya pre-eklampsia. Sedangkan pemeriksaan gula darah penting agar bisa memantau kadarnya tidak terlalu tinggi. Terutama saat-saat menjelang hamil, dan ketika kehamilan masuk ke usia 24 dan 28 minggu.

Pemeriksaan Gen.

Saat kehamilan masuk minggu ke-11, lakukanlah pemeriksaan gen untuk mengetahui apakah ada kecacatan gen yang terjadi pada si janin.

Hamil di atas 35 tahun? Siapa takut!