Bahaya Hamil di Usia Muda

By Ipoel , Senin, 6 Juli 2015 | 08:00 WIB
Bahaya Hamil di Usia Muda (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Bagi mayoritas perempuan, mendapati diri hamil merupakan sebuah berkah yang sangat luar biasa. Jangan biarkan euforia bahagia itu berkurang karena kurangnya persiapan yang matang. Salah satunya, faktor usia Anda yang belum cukup ideal untuk mengandung atau hamil usia muda (di bawah 20 tahun). Hamil di usia muda mengandung berbagai risiko. Berikut penjelasan bahaya hamil di usia muda.

Walaupun organ reproduksi sudah aktif sejak haid pertama, tapi tidak berarti organ-organ tersebut sudah siap dalam menyambut kehadiran sang janin. Karenanya, hamil di usia muda tidak disarankan. Berikut beberapa faktor risiko atau bahaya hamil di usia muda:

Sudah menjalani hubungan seksual aktif di bawah usia 20 tahun bisa tingkatkan risiko terjangkitnya infeksi virus pada organ reproduksi lebih tinggi. Misal: kanker rahim, Chlamydia, hingga sifilis. Penyakit-penyakit kelamin tersebut bisa membahayakan kesehatan bayi dan ibu kelak, sepeti kebutaan, hingga kematian. Itulah penjelasan bahaya hamil di usia muda, bagaimana menurut Anda?