Mengenal Gonadotropin: Obat Kesuburan untuk Mempercepat Kehamilan

By Ipoel , Senin, 2 Maret 2015 | 03:00 WIB
Mengenal Gonadotropin: Obat Kesuburan untuk Mempercepat Kehamilan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Saat pasangan sulit memiliki momongan, ada obat mujarab yang dapat membantu. Gonadotropin namanya, yaitu obat kesuburan untuk mempercepat kehamilan.

Ya, gonadotropin adalah obat kesuburan untuk mempercepat kehamilan yang mengandung follicle stimulating hormone (FSH), luteinizing hormone (LH), atau keduanya. Kedua hormon ini biasanya diproduksi di dalam otak baik pada pria dan wanita. FSH dan LH memang sering digunakan pada beberapa pengobatan kesuburan. LH akan bertugas menstimulasi folikel untuk melepaskan telur, sedangkan HCG akan memastikan folikel ada pada kondisi yang pas untuk melepaskan progesteron dan menjaga kehamilan.

Gonadotropin biasanya digunakan untuk perempuan dengan SOPK (Sindrom Ovarium Polikistik) yang tidak memberikan respon pada obat-obat lain. Dan gonadotropin mampu menstimulasi ovarium untuk mematangkan beberapa sel telur sekaligus.

Obat kesuburan untuk mempercepat kehamilan ini  populer dipakai dalam prosedur inseminasi atau bayi tabung. Biasanya gonadotropin dikonsumsi selama 1-2 minggu dan dibutuhkan proses USG yang rutin. Tak hanya itu, pemeriksaan darah sang calon ibu juga akan terus dipantau untuk memastikan apakah stimulan telah bekerja seperti yang direncanakan atau tidak.

 Untuk efek samping, pengonsumsian gonadotropin bisa timbulkan iritasi di daerah injeksi, mual, perubahan mood, dan mendapatkan anak kembar. Gonadotropin diberikan dalam bentuk suntikan, dimana Anda akan disuntikan dengan menggunakan jarum kecil ke dalam kulit. (AA)

                                                                                                                                                      

Saat pasangan sulit memiliki momongan, yang teringat adalah inseminasi, bayi tabung, dan serangkaian terapi kesuburan lainnya. Padahal ada gonadotropin, yaitu obat kesuburan untuk mempercepat kehamilan