Tingkatkan Kalsium untuk Calon Ibu

By Santi Hartono, Selasa, 26 Mei 2015 | 10:00 WIB
Tingkatkan Kalsium untuk Calon Ibu (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Ibu tentu tahu kalau kalsium baik untuk tubuh, tapi yang mungkin Ibu tidak ketahui kalsium juga sangat penting bagi kesehatan bayi Ibu—bahkan sebelum Ibu mengandung.

     Agar peluang Ibu untuk hamil meningkat, sebaiknya Ibu mendapatkan asupan kalsium yang cukup (ditambah vitamin D yang terkandung di dalamnya) setiap hari. Bukan hanya kalsium penting untuk gigi dan tulang Ibu, tapi juga kelak akan menunjang perkembangan tulang dan gigi calon bayi Ibu, sekaligus membantu perkembangan otot, jantung, serta syarafnya.

     Lalu bagaimanakah cara meningkatkan kalsium untuk calon Ibu? Ada banyak! Yang pertama jelas, Ibu bisa mendapatkannya dari susu (dan akan lebih efisien lagi jika Ibu mengonsumsi susu skim tinggi kalsium). Tidak bisa menenggak susu langsung? Coba samarkan susu dengan memasukkannya ke dalam smoothies atau sup. Selain itu, Ibu juga bisa kok melahap produk-produk olahan susu, seperti yogurt (baik langsung dari botolnya, dalam smoothies, atau sebagai topping salad buah) dan keju (siapa yang bisa menolak mozzarella stick, taburan keju di atas pasta, atau saus keju rendah lemak yang ditaruh di atas rebusan sayur). Nyam!

     Tidak doyan dengan produk olahan susu? Tubuh Ibu tidak bisa menoleransi laktosa? Jangan bingung, Ma karena masih ada cara meningkatkan kalsium untuk calon Ibu yang lainnya, seperti mengonsumsi suplemen kalsium, meminum jus jeruk yang kaya kalsium saat sarapan, menyantap salad berisi salmon kalengan (yang dilembutkan bersama tulangnya) untuk makan siang, dan camilan berupa edamame (atau kacang kedelai).                

     Berikut daftar pilihan makanan tinggi kalsium—yang bisa disantap Ibu tiga kali sehari:

Demikian cara meningkatkan kalsium untuk calon Ibu. Selamat makan!