Antara Yoga dan Kehamilan

By Santi Hartono, Minggu, 7 Juni 2015 | 02:00 WIB
Antara Yoga dan Kehamilan (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Sebagian besar pasangan yang sudah lama berumah tangga dan belum mendapatkan keturunan, akan mencoba berbagai upaya agar bisa segera memiliki anak, salah satunya dengan yoga. Meski yoga tidak memiliki efek langsung, namun sebenarnya terdapat kaitan positif antara yoga dan kehamilan, yang akan kami infokan dalam artikel berikut.  

Yoga merupakan salah satu cara yang efektif dalam menurunkan kadar stres kita. Dan menurut sejumlah penelitian, stres adalah salah satu biang kerok yang membuat Mama sulit hamil, karena itu efek menenangkan yang didapat dari yoga kemungkinan besar akan meningkatkan peluang Mama untuk memperoleh keturunan. Dalam suatu studi terkenal yang meneliti sejumlah wanita yang bergulat dengan masalah infertilitas, mereka yang mengikuti program penurunan stres, salah satunya dengan yoga, peluangnya untuk hamil meningkat hampir tiga kali lipat ketimbang mereka yang tidak berusaha mengatasi stresnya sama sekali. Nah terbukti kan ada kaitan positif antara yoga dan kehamilan.

Mengapa stres bisa mengurangi peluang Mama untuk hamil? Saat Mama tengah menderita stres yang kronis, otak Mama secara otomatis menyalakan mode bertahan hidup, meningkatkan produksi hormon stres seperti kortisol dan epinefrin, dan menurunkan produksi hormon seks. Akibatnya jadwal ovulasi Mama akan terganggu dan membuat Mama sulit hamil. Mengalami sedikit stres memang hal yang lumrah, tapi jika Mama terus-menerus diliputi rasa tegang, mungkin sudah waktunya untuk sedikit melambatkan langkah.

  Jika Mama ingin mencoba melakukan yoga, pilihkah kelas yang lembut, seperti Kelas Kripalu Yoga atau Kelas Dasar Hatha Yoga, alih-alih kelas yang lebih bersemangat, seperti Ashtanga Yoga atau Bikram Yoga. Kelas yoga yang lebih lambat akan menawarkan lebih banyak waktu dan ruang untuk memperlambat alur napas dan menenangkan pikiran.

Jika Mama dan Papa tengah menderita akibat tekanan untuk cepat hamil dan hubungan menjadi hambar, cobalah untuk melakukan yoga pasangan. Melakukan peregangan bersama tidak hanya akan membuat Mama dan Papa merasa santai tapi juga membangun ikatan yang erat dalam saling menyentuh dan bermesraan, di saat Mama dan Papa paling membutuhkannya. Selamat mencoba.