10 Langkah Menyiapkan Kehamilan Sehat (2)

By Santi Hartono, Senin, 22 September 2014 | 13:00 WIB
10 Langkah Menyiapkan Kehamilan Sehat (2) (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com –Nah sekarang mari ikuti langkah no. 3 sampai no. 5 dari 10 langkah menyiapkan kehamilan sehat berikut: 

Tip 3:    Konsumsi makanan bergizi, vitamin, dan suplemen yang mengandung asam folat.

Menyantap sayur dan buah-buahan lima kali sehari tidak hanya akan membantu Mama dan Papa memiliki berat badan yang ideal, tapi juga memastikan bahwa Mama dan Papa mendapatkan cukup vitamin yang akan meningkatkan kesempatan Mama untuk hamil. Selain itu ada baiknya untuk calon mama mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat serta vitamin prenatal.     Meski ada beragam faktor yang mempengaruhi peluang Mama untuk hamil, banyak dokter yang meyakini bahwa pola makanlah pemeran utama yang menentukan tingkat kesuburan seseorang. Dalam suatu penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health dan melibatkan 17.000 wanita, para peneliti membuat kelompok “makanan subur” yang berpeluang meningkatkan peluang kehamilan yang sehat. Lalu, pola makan seperti apa yang sebaiknya dijalani pasangan yang ingin punya momongan?•    Menyantap makanan yang lebih banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal (seperti minyak zaitun) dan menghindari makanan yang mengandung lemak trans (seperti yang banyak terdapat di makanan yang dibakar atau pun makanan cepat saji).•    Memperbanyak asupan protein nabati (seperti kedelai) dan menurunkan asupan protein hewani (seperti daging merah).•    Memakan lebih banyak bahan makanan yang kaya serat dan indeks glisemiknya rendah (seperti gandum utuh, sayur-sayuran, dan beberapa jenis buah) sekaligus menurunkan asupan karbohidrat dan gula.•    Mengonsumsi susu dan produk olahannya (susu full cream, es krim, dan keju) dalam jumlah sedang.

Tip 4:    Konsultasikan pada dokter semua jenis obat-obatan yang Mama konsumsi.

Saat tengah merencanakan kehamilan, kebanyakan obat aman dikonsumsi meski ada beberapa yang bisa berdampak pada peluang kehamilan. Jika Mama tengah melakukan pengobatan dan harus mengonsumsi obat-obatan, baik yang dijual di pasar bebas maupun yang diresepkan, ada baiknya untuk tetap mengonsumsi obat-obatan itu kecuali jika Mama sudah mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter Mama.

Tip 5:    Stop merokok dan minum minuman yang mengandung alkohol, serta mengurangi kafein.

Merokok menghasilkan dampak yang negatif, baik kepada Mama atau pun Papa. Penelitian menunjukkan bahwa menghisap sepuluh atau lebih batang rokok dalam sehari akan berdampak buruk terhadap produksi sel telur Mama. Sementara pada Papa, rokok yang bisa menyempitkan pembuluh darah membuat kualitas sperma memburuk dengan mengubah oksigen dan asupan nutrisi. Sementara itu, minuman beralkohol bisa mempengaruhi hormon Mama. Alkohol akan menurunkan kadar estrogen, yang pada akhirnya akan mengganggu masa subur Mama. Sebagai tambahan, alkohol juga dapat meningkatkan risiko keguguran dan janin cacat. Laki-laki yang meminum minuman beralkohol, jumlah spermanya akan menurun, begitu juga dengan tingkat kesuburannya. Kafein dalam dosis tinggi, seperti tiga cangkir atau lebih minuman kopi, juga bisa mengecilkan peluang wanita untuk hamil.

Baru lima dari 10 langkah menyiapkan kehamilan sehat yang dibahas secara berseri di sini. Separuhnya ada di artikel berikut.