5 Penyebab Pasangan Sulit Punya Anak

By Heni, Jumat, 22 Mei 2015 | 11:00 WIB
5 Penyebab Pasangan Sulit Punya Anak (Heni)

Tabloid-Nakita.com - Untuk Anda yang sedang berusaha hamil, telat menstruasi adalah hal yang ditunggu-tunggu. Jika hasil tes kehamilan dengan test pack selalau mengecewakan, coba kenali dulu 5 penyebab pasangan sulit punya anak yang biasa terjadi, apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Penyebab pasangan sulit punya anak : Menopause dini

Penyebab masalah infertilitas pertama adalah terjadi ketika menstruasi berhenti sebelum seorang perempuan berusia 40 tahun. Genetik adalah penyebab umumnya, tetapi tidak selalu berarti Anda tidak bisa hamil kalau mengalami hal ini. Beberapa perempuan masih bisa hamil dengan telur mereka sendiri. Gejala yang biasa timbul, seperti vagina kering, hot flashes, dan cepat emosi. Perempuan dengan kondisi ini memang memiliki sedikit kesempatan untuk bisa hamil, tapi kehamilan masih menjadi hal yang mungkin terjadi.  

 

2. Penyebab pasangan sulit punya anak : Anovulasi

Artinya tidak ada telur yang dilepaskan dari ovarium, dan ini yang bisa menyebabkan 40% kemandulan pada perempuan. Mengonsumsi obat induksi ovulasi dinilai mampu atasi masalah ini dengan sukses. Penyebab masalah infertilitas banyak dialami pasangan.

 

3. Penyebab pasangan sulit punya anak : Sindrom Ovarium Polikistik 

Apa penyebab wanita tidak subur? Salah satu penyebab wanita tidak subur adalah gangguan hormon yang menurunkan kemampuan ovarium untuk matang dan melepaskan telur ke tuba falopi. Perawatan paling standar adalah dengan menggunakan obat. Namun, beberapa studi menemukan perubahan gaya hidup (seperti penurunan berat badan, olahraga, dan diet rendah karbohidrat), bisa bermanfaat. 5 penyebab wanita tidak subur

 

4. Penyebab pasangan sulit punya anak : Infertilitas Pada Pria

Terkadang bisa menjadi pemicu ketika perempuan sulit untuk hamil. Meskipun infertilitas kebanyakan sering dikaitkan dengan masalahan perempuan, tapi studi terbaru menunjukkan infertilitas pria juga sebabkan kesulitan hamil pada 50% pasangan. Sebelum perempuan mencari tipe pengobatan kesuburan apa yang cocok, ahli menyarankan untuk melakukan test air mani pasangan untuk memeriksa apakah sperma sanggup masuk ke dalam serviks, uterus, dan tuba falopi. Penyebab masalah infertilitas ternyata tidak hanya dialami Mama tapi juga Papa. 

 

5. Penyebab pasangan sulit punya anak : Cadangan Ovarium Rendah

Kondisi penyebab masalah infertilitas ini dihubungkan dengan menurunnya jumlah dan kualitas sel telur, menghasilkan lebih sedikit embrio dan tingkat kehamilan (menggunakan program IVF) yang rendah. Test mendeteksi kadar hormon bisa menentukan apakah pengobatan kesuburan dibutuhkan.