Mengenal Mindful Parenting Demi Psikologis Anak Lebih Baik dan Bahagia

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Rabu, 9 Mei 2018 | 19:51 WIB
Terapkan pola asuh yang baik demi tumbuh kembang anak (iStock)

Nakita.id - Untuk tumbuh kembang Si Kecil, penting bagi orangtua untuk mencermati pola asuh yang tepat.

Salah satu pola asuh yang penting untuk diketahui yaitu mindful parenting.

Mindful parenting yaitu pola asuh orangtua dengan kesadaran penuh dalam memberikan perhatian dan tidak memberikan penilaian negatif terhadap pengalaman anak.

Keterampilan dalam mindful parenting merupakan hal yang mendasar bagi orangtua, supaya komunikasi dengan anak berjalan lancar.

Orangtua yang memiliki keterampilan mindful parenting akan terhindar dari stres yang diakibatkan pengasuhan (parenting stress), mampu menghargai pendapat dan tindakan anak, mampu melaksanakan peran sebagai orangtua, dan menjalin hubungan yang harmonis antara orangtua dan anak.

BACA JUGA: 9 Jenis Kecerdasan Anak yang Perlu Diasah, Tak Sekadar Dapat Ranking di Kelas

Menurut Melly Kiong, praktisi mindful parenting terdapat lima dimensi Moms yang perlu diperhatikan dalam pola asuh ini, yaitu sebagai berikut:

Mendengarkan dengan perhatian penuh

"Poin utama dalam mindful parenting ini yaitu orangtua harus mau mendengaarkan dan berbicara kepada anaknya dengan penuh empati, berikanlah peluang pada anak untuk berbicara dan kita orangtua sebagai pendengar.

Bagaimana bisa anak memiliki kesempatan untuk berbicara jika orangtua tidak bersedia mendengarkan", ungkap Melly ditemui eksklusif oleh Nakita.id di bilangan Jakarta Pusat, Selasa (8/5).

Serba serbi mindful parenting bersama Melly Kiong, praktisi mindful parenting.

Melly menekankan, jika orangtua bersedia mendengarkan maka akan banyak masalah yang bisa ditemukan solusinya karena komunikasi berjalan dua arah.