Asupan untuk Meningkatkan Kesuburan

By Heni, Kamis, 3 Juli 2014 | 12:00 WIB
Asupan untuk Meningkatkan Kesuburan (Heni)

Menjalani pola makan dan gaya hidup sehat ternyata mampu mendorong tingkat kesuburan Anda hingga 59 %. 

Asupan yang sehat mampu meningkatkan kesuburan dan memastikan tubuh dipenuhi dengan vitamin dan mineral penting yang Anda butuhkan untuk membesarkan calon bayi nantinya. Wujudkan mimpi Anda memiliki momongan dengan beberapa asupan untuk meningkatkan kesuburan di bawah ini.

Teh hijauMengonsumsi kafein secara berlebih akan menunda proses ovulasi, karena itu singkiran kopi dan beralihlah ke teh hijau. Meski mengandung kafein juga, namun kandungan kafein dalam teh hijau jauh lebih sedikit ketimbang kopi. Teh juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat diperlukan tubuh Anda secara keseluruhan. Bahkan antioksidan dipercaya mampu meningkat fertilitas pada pria. Karena itu ganti suguhan kopi untuk pasangan di pagi hari dengan segelas teh hijau saja karena minuman ini bisa menjadi asupan untuk meningkatkan kesuburan Anda.

SalmonIkan ini banyak mengandung asam lemak esensial yang mampu  membantu menyeimbangkan hormon serta menutrisi seluruh sel dalam tubuh Anda. Salmon juga kaya akan protein. Mengonsumsi makanan tinggi protein akan membuat kualitas telur dan sperma menjadi lebih baik. Untuk hasil maksimal, masukan salmon dalam daftar menu  Anda 2 kali seminggu.

BrokoliSayuran hijau ini kaya akan asam folat. Nutrisi ini sangat penting  dalam masa-masa awal kehamilan. Selain itu, asam folat pada brokoli juga akan membuat sperma pasangan Anda menjadi lebih sehat. 

SusuTapi harus yang tinggi lemak (full-fat) ya. Mengapa? Perempuan yang meminum setidaknya satu kali susu tinggi lemak akan menekan risiko kemandulan hingga lebih dari 25%. Lemak dalam susu memegang peran dalam menjalankan fungsi ovarium.

TelurVitamin D sangat penting dalam urusan fertilitas, dan telur adalah sumber vitamin D yang baik. Tak hanya itu, telur juga mengandung vitamin B12 yang mampu menurunkan risiko cacat tabung saraf (cacat lahir yang paling banyak menyebabkan kematian bayi dan kecacatan serius). Untuk hasil yang optimal, sajikan telur dengan cara direbus ketimbang digoreng.

BlackberriesBuah mungil ini sangat kaya akan antioksidan yang membantu tubuh melawan segala racun. Antioksidan juga mampu meningkatkan kesuburan pada lekaki dan perempuan. Tidak suka blackberries? Manfaat hebatnya antioksidan yang sama pada blueberries dan raspberries. Dengan kandungan di atas, buah ini menjadi salah satu bahan asupan untuk meningkatkan kesuburan.