Tujuh Pengganggu Kesuburan Pria (2)

By Heni, Rabu, 20 Mei 2015 | 10:00 WIB
Tujuh Pengganggu Kesuburan Pria (2) (Heni)

 Tabloid-Nakita.com - Berikut ini adalah empat  dari tujuh pengganggu kesuburan pria yang telah dibahas di artikel sebelumnya:

4.AKTIVITAS SEKS TIDAK AMAN. Aktivitas seks tanpa memerhatikan kebersihan dan keamanan berarti rentan menularkan  dan ditulari penyakit-penyakit seperti ghonorea, sifilis, juga HIV/AIDS.  Bakteri dan virus yang menimbulkan infeksi tersebut menghalangi mobilitas sperma yang seharusnya tinggi, sehingga menjadi faktor pengganggu kesuburan pria.

5.SUHU DI TESTIS. Kekacauan suhu pada testis juga mempengaruhi produksi sperma dan daya geraknya. Lingkungan yang suhunya selalu panas, atau selalu mandi dengan air panas,  dan menggunakan celana ketat bisa menjadi pengganggu kesuburan pria.

6.FAKTOR USIA. Seiring dengan meningkatnya usia, maka semakin berkurang kesuburan seorang pria. Agar kehidupan seks tetap terjaga, pria harus menjaga kondisi tubuh dan memerhatikan asupan gizi. Faktor usia dapat mengurangi produksi sperma. Padahal, diperlukan jumlah sperma yang cukup untuk membuahi sel telur. Jumlah sperma yang terbilang sedikit (kurang dari 20 juta sel sperma per cc/ml) bisa menjadi indikator kemandulan. Biasanya, 1 cc/ml cairan mani (cairan sperma atau semen) mengandung kurang lebih 100 juta sperma.

7.KONSUMSI OBAT-OBATAN. Penggunaan obat-obatan jenis antidepresan untuk mengatasi kecemasan, apalagi secara terus-menerus, dapat memunculkan disfungsi seksual. Pasalnya, obat-obatan ini akan menekan fungsi libido, sehingga tidak peka terhadap rangsangan. Begitu pula beberapa jenis obat hipertensi seperti golongan betabloker ataupun golongan diuretik yang "memaksa" tubuh mengeluarkan banyak air seni. Obat penyakit tekanan darah tinggi biasanya menurunkan produksi sperma hingga jumlahnya menurun. Sebelum menggunakan sesuatu obat, konsultasikan dulu ke dokter agar tidak menjadi pengganggu kesuburan pria. Jelaskan tentang program kehamilan yang sedang dijalankan.