Saran Umum Dokter Agar Cepat Hamil

By Heni Wiradimaja, Minggu, 2 Oktober 2016 | 22:15 WIB
Saran Umum Dokter Agar Cepat Hamil (Heni)

TabloidNakita.com - Setelah enam bulan pertama pernikahan lewat sementara usia sudah berkepala 3, sebaiknya datanglah ke dokter untuk merencanakan program kehamilan. Inilah saran umum dokter agar cepat hamil untuk pasangan suami istri yang ingin segera punya anak:

* Hitung masa subur secara akurat.  Cara pertama adalah dengan berpatokan pada hari pertama haid terakhir (HPHT) jika siklus haid teratur (setiap 28 hari). Jika siklus haid calon mama tidak teratur, gunakan catatan grafik suhu basal tubuh. Selama ini mungkin hubungan seks sudah dilakukan berdasarkan perhitungan masa subur, tetapi tidak ada salahnya untuk mengecek kebenaran perhitungan itu bersama dokter.  Kalau perlu, dokter akan membuatkan jadwalnya agar cepat hamil.

* Ambil cuti dan beristirahatlah. Setelah diketahui pasti kapan masa subur Mama, biasanya dokter akan menyarankan calon ibu dan ayah untuk mengambil cuti bekerja atau minimal mengurangi aktivitasnya.  Hindari lembur atau membuat acara setelah pulang kerja. Tujuannya agar badan fit, pikiran relaks, dan Mama bisa cepat hamil.

* Rutin berolahraga ringan. Lakukan latihan fisik bersama pasangan dengan  jalan kaki atau jogging. Frekuensinya cukup  dua kali sehari selama 30 menit supaya peredaran darah lancar.

* Konsumsi makanan bergizi seimbang. Demi menambah kesuburan dan agar cepat hamil, utamakan pula sumber makanan  yang banyak mengandung vitamin E dan seng.

* Kelola stres dengan baik. Asal tahu saja, sebagian gangguan ovulasi dan kualitas sperma disebabkan oleh faktor stres. Sperma dari pria stres tidak selincah sperma dari pria yang relaks, sehingga sulit membuahi. Stres juga menyebabkan menurunnya gairah seksual. Dokter umumnya menyarankan suami istri untuk tidak terlalu tegang memikirkan hasil dari program kehamilan ini, sebab ketegangan akan menimbulkan stres yang menghambat terjadinya pembuahan.  

* Pilih posisi hubungan seks yang tepat.  Agar sperma bisa bertemu sel telur dan pembuahan terjadi, cairan sperma (semen) harus merendami mulut rahim. Posisi yang paling dianjurkan adalah pria di atas. Hanya saja, tak semua calon ibu  memiliki rahim antifleksi (letak mulut rahim di depan). Sebagian kecil, sekitar 35 persen perempuan, memiliki rahim retrospeksi (mulut rahim terbalik).  Dua bentuk rahim ini bisa dilihat melalui alat yang dpakai dokter kebidanan dan kandungan.

* Gunakan gaya rear entry position atau doggy style. Untuk calon ibu yang memiliki mulut rahim retrospeksi, saran dokter agar cepat hamil adalah berhubungan seks  dengan gaya rear entry position atau doggy style, di mana suami melakukan penetrasi dari belakang.  Jika calon ibu risih dengan posisi ini, maka perlu diakali. Caranya, penetrasi tetap dilakukan dengan posisi istri di bawah. Namun begitu suami  selesai berejakulasi, calon ibu harus segera berbalik dan mengambil posisi bersujud selama 10 menit agar mulut rahimnya benar-benar terendam cairan  sperma (semen). 

Nah, jika Mama ingin cepat hamil, coba lakukan saran-saran dokter di atas ya.