Bingung Hamil atau Tidak? Ini Aneka Model Alat Tes Kehamilan yang Perlu Ibu Tahu

By Heni, Minggu, 8 Oktober 2017 | 22:00 WIB
Aneka Model Alat Tes Kehamilan (Heni)

Nakita.id - Di luar sana ada berbagai merek alat tes kehamilan yang bisa dipilih para calon mama. Mulai dari produk yang sering Ibu lihat iklannya sampai yang sama sekali asing di telinga; dari yang murah sampai yang mahal, bergantung pada merek dan berapa banyak alat tes yang terdapat di dalam kemasan.

Saat ini, ada tiga model alat tes kehamilan yang beredar di pasaran: model stik, model strip yang dimasukkan ke dalam wadah berisi urine, dan model digital.

Semuanya sama-sama mengetes hal yang sama, yaitu hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin), hormon yang diproduksi oleh plasenta, sebagai penentu kehamilan. Calon mama bebas memilih alat tes kehamilan (test pack) yang mana saja, yang dirasa paling pas.

(Baca juga : Cara Membaca Test Pack Kehamilan)

Alat tes kehamilan model stik.

Alat tes kehamilan (test pack) ini mengharuskan Ibu buang air kecil pada stik uji yang disediakan. Selanjutnya, ikuti petunjuk yang tertera dalam kemasan.

Setelah itu, Ibu diminta menunggu sebentar untuk mendapatkan hasil (biasanya berupa warna tertentu atau simbol sederhana yang menandakan hasil tes positif atau negatif).

Alat tes kehamilan model strip.

Alat tes kehamilan (test pack) ini paling banyak beredar di pasaran. Harganya juga terjangkau. Beda dengan model stik, Ibu diharuskan menampung air seni dalam sebuah wadah.

Selanjutnya, celupkan strip uji kehamilan ke dalam wadah tadi. Ikuti petunjuk pemakaian mengenai bagian strip mana yang harus dicelupkan dan seberapa dalam harus dimasukkan ke larutan urine.

Jika urine Ibu berisi hCG, maka strip yang terkena air seni akan berubah warna setelah beberapa menit, diikuti munculnya garis merah pada strip. Biasanya, satu garis merah berarti Ibu tidak hamil, sedangkan dua garis merah menunjukkan Ibu hamil.

(Baca juga : Cara Pakai Test Pack Agar Hasil Tes Kehamilan Akurat)

Alat tes kehamilan digital.

Alat tes kehamilan model terbaru ini dirancang untuk memberikan hasil yang lebih jelas. Beberapa calon mama mungkin bingung membaca simbol-simbol hasil tes yang terdapat pada alat tes kehamilan (test pack) analog.

Munculnya dua garis merah pudar bahkan nyaris tak terlihat sering kali membingungkan dan membuat stres.

Jika sudah begini, memang sebaiknya calon mama memilih yang digital. Alat tes kehamilan(test pack) digital hanya memberikan simbol titik-kosong atau positif-negatif. Tak perlu menebak-nebak apakah Ibu benar-benar hamil atau benar-benar tidak hamil.

Perlu diingat, pengetesan dengan alat tes kehamilan (test pack) apa pun tetap memiliki kemungkinan salah. Lakukan pengujian sebanyak dua kali dan konsultasikan dengan dokter untuk mengonfirmasi kebenarannya.

(Baca juga : Memahami Tes Kehamilan)

Deasy Siallagan