Jangan Makan ini Saat Mama Hamil Muda

By Ipoel , Senin, 23 November 2015 | 04:00 WIB
Jangan Makan ini Saat Mama Hamil Muda (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Tidak semua makanan aman dikonsumsi di saat hamil muda. Mama jangan makan ini di saat mama hamil muda.

Makanan yang dikonsumsi Mama hamil muda sebaiknya makanan sehat seperti buah-buahan segar dan sayuran hijau. Namun, ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh mommy yang sedang dalam kondisi hamil muda.

Yang pertama adalah buah nanas, ternyata buah ini mengandung bromelain yang berpengaruh untuk melunakkan leher rahim dan akan berakibat fatal persalinan dini atau keguguran. Meskipun belum penelitian yang lebih lanjut tentang kandungan nanas yang dapat memicu persalinan dini, namun ada baiknya bagi untuk menghindari konsumsi buah nanas selama masa kehamilan.

Selain itu, masih ada beberapa pantangan berupa konsumsi makanan yang diwaspadai selama hamil, yang perlu Mama ketahui demi menjaga kesehatan janin. 

Berbahaya Bagi Kehamilan

Terdapat jenis makanan lain yang juga ternyata diduga berbahaya untuk kehamilan Mama, yaitu buah pepaya yang setengah matang atau mentah karena tingginya kandungan lateks yang akan memiliki efek samping rahim berkontraksi terutama pada masa awal kehamilan. Jadi, mommy sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah papaya mentah atau papaya muda karena efek buruknya bagi kandungan.

Makanan berbahaya lainnya juga tidak jauh dari pepaya, yaitu daun pepaya yang faktanya dapat mejadi pemicu kerapuhan pada ari-ari janin yang dikandung. Hindari jenis makanan ini untuk usia kehamilan dua minggu karena dapat berbahaya bagi calon buah hati Mama, tetapi mommy masih boleh mengkonsumsi buah pepaya yang sudah benar-benar matang.

Untuk masa dua minggu kehamilan pertama, ternyata konsumsi buah anggur yang menyehatkan bagi manusia tidak diperbolehkan bagi Mama yang sedang hamil. Sebaiknya mommy menghindari konsumsi buah ini karena akan menyebabkan kondisi kandungan mommy panas.

Kemudian, untuk kehamilan pada trimester pertama, sebaiknya Mama menghindari konsumsi air kelapa segar karena akan melemahkan kandungan. Namun, jika kandungan Mama sudah mencapai 8 bulan keatas konsumsi air kelapa akan membawa efek positif untuk kebersihan kulit bayi, dan memperlancar proses kelahiran.

Berefek Negatif

Ada jenis makanan lain yang ternyata akan membawa pengaruh buruk bagi kehamilan, sebaiknya Mama tidak mengonsumsi durian karena buah ini mengandung zat yang memberikan efek negatif bagi kehamilan. Zat ini adalah asam arachidonat dan juga alkohol yang akan sangat memberikan pengaruh buruk bagi janin. Kandungan arachidonatnya ternyata akan berakibat fatal bagi janin terutama memicu keguguran, dan alkoholnya akan mengakibatkan berat badan bayi menjadi rendah.

Sebaiknya, Mama selalu menjaga kehamilan dengan mengkonsumsi buah-buahan sehat lainnya seperti jeruk manis, stroberi, pisang dan juga alpukat yang akan memberikan suplai vitamin dan protein cukup bagi mommy juga bayinya. Sebaiknya hindari makanan yang terlalu pedas dan asam, karena akan berakibat buruk bagi janin.