Keren! USG Portable Ini Mudah Dibawa ke Mana-mana

By Ajeng , Selasa, 24 November 2015 | 03:30 WIB
Keren! USG Portable Ini Mudah Dibawa ke Mana-mana (Ajeng )

Tabloid-nakita.com - Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI)  kematian Ibu dan bayi masih tinggi. Disebutkan pada tahun 2013 kematian ibu sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup.

Jumlah kematian ibu dan bayi ini banyak terjadi di daerah terpencil Indonesia.  Berbagai penyebab termasuk salah satunya yaitu karena akses pelayanan kesehatan yang tidak didapatkan, seperti tidak adanya dokter, tidak ada klinik atau pun rumah sakit.

Untuk menekan angka kematian tersebut, GE Healthcare bekerjasama dengan Universitas Indonesia melakukan program telemedicine menggunakan alat ultrasonografi (USG) portable.

Kondisi kandungan ibu hamil yang tergambar pada USG portable dapat ditransfer ke sistem Electronic Medical Records (EMR), ungkap President & CEO GE Healthcare's Sustainable Healthcare Solutions Business Terri Bresenham. Kemudian, dokter kandungan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dapat memberikan diagnosa pada ibu hamil melalui gambar yang didapat.

Proses penrasferan datanya dapat menggunaka bluetooth dari USG ke telepon genggam. Dengan demikian, alat ini sangat memungkinkan para dokter atau bidan untuk mengunjungi rumah-rumah pasien karena mudahnya alat ini untuk dibawa kemana-mana serta beratnya yang ringan, yaitu hanya 2 kilogram. Sebagai langkah awal, program telemedicine akan diterapkan di Klinik Satelit UI Depok, Klinik Dokter Keluarga Kayu Putih, Puskesmas Cengkareng, dan Puskesmas Duren Sawit. Harapannya, USG portable bisa digunakan di daerah terpencil dan menekan angka kematian ibu dan bayi. Meski demikian, mengatasi kematian ibu dan bayi tentunya membutuhkan kerja sama semua pihak.

Sumber: Warta Kesehatan