4 Cara Merangsang Kontraksi

By Puri, Kamis, 3 September 2015 | 08:00 WIB
4 Cara Merangsang Kontraksi (Puri)

Tabloid-Nakita.com - Kontraksi adalah salah satu tanda bahwa Ibu akan segera melahirkan. Sayangnya, Ibu hamil kerapkali mengalami stres menjelang persalinan. Terlebih lagi jika dokter sudah menentukan tanggal kelahiran bayi, namun Ibu tak juga menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan. Akibatnya, ibu stres dan tidak mengalami kontraksi. Nah, berikut beberapa cara yang dapat Ibu lakukan untuk merangsang kontraksi:

1. Jalan santaiJalan santai pada pagi hari selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, ternyata juga menjadi sebuah cara untuk merangsang kontraksi. Nah, sebaiknya Ibu berjalan-jalan secara teratur menjelang persalinan.2. MeditasiMeditasi merupakan langkah untuk membantu seseorang untuk dapat berpikir tenang. Hal ini juga berlaku bagi Ibu hamil, karena dengan meditasi tubuh akan lebih relaks dan siap untuk menghadapi hari persalinan yang akan tiba.3. PijatanPijatan lembut di ujung payudara ternyata dapat membantu merangsang kontraksi kehamilan. Hal itu dikarenakan, stimulasi pada puting dapat membantu dalam merangsang produksi hormon oksitosin yang akan menimbulkan kontraksi rahim. Caranya dengan meniru sensasi seperti yang dilakukan saat bayi menyusu.

Cobalah untuk memijat aroela dengan menggunakan pangkal telapak tangan dengan menggunakan baby oil agar tidak terasa sakit. Fokuslah pada satu tempat terlebih dahulu selama lima menit, setelah itu selingi dengan istirahat selama 15 menit dan lakukan pada sisi lainnya. Nah, perlu diketahui jika dalam waktu 15 menit tidak terjadi kontraksi maka jangan lakukan lagi pada hari itu. Sebaiknya pijat dilakukan satu kali dalam satu hari agar lebih terasa manfaatnya.4. Berhubungan intimMelakukan hubungan intim saat hamil tua memang dipercaya dapat merangsang kontraksi. Berhubungan intim dapat memicu produksi hormon oksitosin yang dapat menimbulkan kontraksi dan juga keluarnya cairan semen yang mengandung hormon prostaglandin yang akan membuat rahim melunak.