Senam Hamil Posisi Merangkak

By Puri, Sabtu, 11 Juli 2015 | 07:00 WIB
Senam Hamil Posisi Merangkak (Puri)

Tabloid-Nakita.comSenam hamil penting dilakukan oleh Ibu hamil, terutama menjelang kelahiran. Jika gerakan hamil dilakukan rutin dengan baik, maka prosesi persalinan spontan atau per vaginam yang Ibu dambakan akan mudah dilalui dan berjalan dengan lancar. Nah, berikut adalah salah satu senam hamil dalam posisi merangkak. 1. Latihan peningkatan panggul jatuh ke depan. Posisi merangkak dengan kedua tangan dibawah bahu dan kedua lutut agak membuka di bawah panggul.Gerakan: * Tundukkan kepala, rapatkan kedua bokong sekaligus kempiskan perut, lepaskan, kepala menghadap ke depan. * Lakukan 5—6 kali dalam satu latihan gerak dalam 1 hari. * Latihan ini dapat diterapkan pada waktu mengepel.

2. Latihan peningkatan panggul jatuh ke samping.Posisi merangkak dengan kedua tangan di bawah bahu dan kedua lutut di bawah panggul agak terbuka.Gerakan: * Mama menoleh ke panggul kiri, menarik panggul kiri ke arah iga-iga kiri sambil lutut kiri diangkat sedikit dari kasur, kembali. * Lakukan hal sama pada sisi berlawanan. * Lakukan 6—8 kali latihan gerak tiap sisi setiap hari.

3. Latihan peningkatan rotasi panggul. Posisi merangkak dengan tangan kiri mengelilingi dada, ujung jari menghadap ke atas.Gerakan: * Ayunkan lengan kiri sejauh mungkin ke samping atas telapak tangan menghadap ke depan dengan diikuti pandangan mata. * Lakukan 6—8 kali untuk tiap sisi.

4. Latihan peningkatan kontraksi dan relaksasi otot dasar panggul (peningkatan senam kegel).Dapat dilakukan pada waktu tidak ada kontraksi uterus, apabila punggung rasa pegal sekali, pada waktu adanya bayi di jalan lahir sebelum pembukaan 5 cm.Posisi & Gerakan:* Ibu duduk pada tumit di antara bokong dan tumit diberi bantal tipis atau selimut. Kepala dan lengan bersandar pada sesuatu. * Kerutkan otot perut sekaligus rapatkan kedua bokong dengan kepala ditundukkan di antara kedua kontraksi.

5. Latihan untuk antisungsang. Dalam keadaan normal, kepala bayi berada di bawah dan kaki di atas, namun ada kalanya terbalik yang dinamakan letak sungsang sehingga menyulitkan proses kelahiran. Untuk itu,  mamil perlu latihan senam hamil antisungsang. Posisi & Gerakan:* Posisi merangkak. Letakkan kepala di antara dua tangan, lalu kepala miring kiri atau kanan, turunkan badan ke bawah sehingga dada menyentuh kasur, sedangkan kedua siku direnggangkan. Ke samping kiri dan kanan sejauh mungkin selama ½ menit dengan kepala menghadap ke kiri dan ½ menit dengan kepala ke kanan. * Buatlah 1 kali latihan dalam 1 hari sebanyak 3—kali, mula-mula 1 menit ditingkatkan hingga 15 menit.

Selamat senam hamil ya, Bu!