Solusi Mencegah Varises Pada Ibu Hamil

By Puri, Sabtu, 11 Juli 2015 | 02:00 WIB
Solusi Mencegah Varises Pada Ibu Hamil (Puri)

Tabloid-Nakita.com - Varises adalah masalah yang kerap dialami oleh Ibu hamil. Walaupun varises tidak membahayakan dan mengganggu tumbuh kembang janin, akan tetapi varises tentunya dapat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, bukan berarti Ibu boleh menganggap remeh varises.Selain mengganggu penampilan, varises juga dapat menimbulkan rasa nyaman,yaitu pegal-pegal, kaku, atau nyeri pada bagian tubuh yang terkena varises. Bahkan, jika varises terjadi di liang rahim atau vagina, makan akan berpengaruh terhadap proses persalinan. Varises pada area kelamin dapat menghambat persalinan normal sehingga nantinya Ibu disarankan untuk menjalani operasi sesar. Nah, berikut ini adalah cara yang dapat Ibu lakukan untuk mencegah berkembangnya varises. Diantaranya!

1. Kurangi atau hindari makanan pedas sejak awal kehamilan. Konsumsi makanan pedas menyebabkan pembuluh darah melebar. Jika pembuluh darah melebar, varises semakin cepat terjadi. Oleh karena itu, perbanyaklah makan buah-buahan serta mengurangi pula konsumsi makanan olahan dan makanan cepat saji.

2. Perbanyak minum air putih. Air putih dapat mencegah Ibu dari dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah, sehingga mampu mencegah terjadinya varises. Selama masa kehamilan, kurangi minuman bersoda dan berkafein yang justru dapat memperburuk varises.

3. Menggunakan stocking.Stocking dapat membantu menyangga betis agar pembuluh darah vena dapat memompa darah ke jantung secara maksimal, sehingga tak terjadi sumbatan.

4. Lakukan relaksasi kaki dalam keadaan santai. Pada posisi duduk, angkat kaki Ibu, lalu putar pergelangan kaki perlahan berulang-ulang dan teratur. Relaksasi kaki membantu pembuluh darah vena di sekitar pergelangan kaki menjadi aktif dalam memompa darah ke jantung. Lakukan relaksasi sebanyak 10 kali hitungan.

5. Lakukan yoga.Ibu juga dianjurkan untuk melakukan yoga rutin setiap malam dengan mengangkat kaki ke atas. Yoga dapat membantu mempercepat proses mengalirnya darah dari kaki ke panggul untuk dialirkan ke jantung dan paru-paru.   Lebih baik mencegah daripada mengobati kan, Bu?