Mual Muntah Saat Hamil, Konsumsi Makanan Ini

By Puri, Kamis, 9 Juli 2015 | 05:00 WIB
Mual Muntah Saat Hamil, Konsumsi Makanan Ini (Puri)

Tabloid-Nakita.com - Mual muntah atau morning sickness biasanya terjadi pada awal-awal kehamilan atau trimester I. Mual muntah juga dapat menyerang Ibu setiap saat, baik pagi hari, siang atau malam hari dan kondisi tersebut kerapkali membuat Ibu menjadi mengalami kesulitan tidur.

Soal ketidaknyamanan yang Ibu rasakan saat mengalami mual muntah, ada beberapa tip yang bisa Ibu coba, salah satunya adalah Ibu disarankan untuk memilih makanan yang tinggi protein dan rendah lemak karena mudah dicerna. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang berminyak, pedas, dan berlemak.

Ibu juga disarankan untuk tidak membiarkan perut Ibu kosong, karena perut kosong justru akan memperburuk rasa mual. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa bekal makanan kecil dalam tas. Nah, Ibu juga masih dapat mencoba beberapa tip lainnya untuk mengatasi mual muntah yang Ibu alami, antara lain:

1. Saat mual menyerang, seteguk air jahe dapat membantu meredakan mual.2. Perhatikan pemicu mual. Hindari makanan dengan bau menyengat yang dapat membuat mual lebih parah.3. Hirup udara segar. Buka jendela di rumah atau tempat kerja. Berjalan-jalanlah sesekali keluar ruangan.4. Jika Ibu merasa mual setelah minum vitamin prenatal, coba atur kembali jadwal minumnya, misal di malam hari. Mengunyah permen karet atau permen juga dapat mengurangi mual setelah minum vitamin. Jika langkah ini tidak membantu, mintalah  saran dari dokter tentang cara-cara lain agar Ibu dapat memenuhi kebutuhan vitamin (terutama zat besi) selama kehamilan.

Perawatan di rumah sakit umumnya tidak diperlukan bagi sebagian besar kasus . Namun jika gejala mual muntah ibu bertahan, dokter mungkin akan memberikan resep vitamin B 6, antihistamin dan mungkin obat anti-mual.

Hubungi dokter segera, jika :1. Mual muntah makin parah.2. Jadi jarang buang air kecil atau urine berwarna gelap.3. Tidak dapat mendapat cairan karena setiap kali minum mengalami muntah. 4. Merasa pusing atau serasa mau pingsan ketika berdiri.5. Muntah darah.