Perawatan Pasca Episiotomi

By Ipoel , Selasa, 1 Maret 2016 | 19:00 WIB
Perawatan Pasca Episiotomi (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Setelah proses persalinan selesai, lamanya penyembuhan luka berkisar 5—7 hari. Sedangkan proses pemulihan tubuh secara menyeluruh membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Namun, pemulihan setiap mamil jelas berbeda, bergantung pada kondisi tubuh dan perawatan luka karena setiap luka berpotensi infeksi bila tak dirawat dengan baik.

Untuk itu, beberapa langkah perawatan pascaepisiotomi ini perlu Mama lakukan pascapersalinan normal:

Pascapersalinan normal maupun sesar, bisanya dokter akan memberikan antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka. Minumlah sesuai anjuran agar pemulihan luka bisa lebih cepat.

Sehabis membersihkan bekas pipis maupun pup, kompres luka dengan antiseptik pemberian dokter untuk mencegah terjadinya infeksi.

Tubuh yang sehat merupakan modal utama untuk penyembuhan luka yang cepat. Untuk itu, konsumsilah makanan bergizi, seperti: telur, daging, sayur, dan buah. Bila Mama ada riwayat alergi, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter tentang makanan apa saja yang bisa memengaruhi luka, semisal pontensi timbulnya rasa gatal.

Banyak gerak bila memungkinkan akan membantu melenturkan otot-otot sekitar vagina sehingga mempercepat proses pemulihan. Namun, Mama tak perlu beraktivitas berlebihan mengingat dalam sebulan pertama kondisi tubuh belum pulih benar. Perbanyak istirahat agar memiliki energi cukup untuk merawat buah hati.

Untuk melihat apakah luka sudah sembuh betul, Mama bisa konsultasi ke dokter kandungan sesuai jadwal yang diberikan atau satu minggu setelah proses persalinan.