Episiotomi Itu Tak Sakit Lo

By Ipoel , Rabu, 17 Juni 2015 | 00:00 WIB
Episiotomi Itu Tak Sakit Lo (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Bisa dibilang, tindakan episiotomi merupakan tindakan spontan yang dilakukan oleh dokter. Tindakan tersebut baru akan atau tidak dilakukan setelah dokter menganalisis kondisi otot di sekitar jalan lahir pada saat persalinan.

          Dengan demikian, tak ada tindakan khusus yang bisa dilakukan untuk mencegah dilakukannya episiotomi. Semua bergantung pada kondisi kulit maupun otot-otot di jalan lahir saat proses persalinan berlangsung. Latihan senam hamil, senam kegel, dan gerakan lainnya lebih berfungsi untuk mengelastiskan otot panggul agar kepala bayi lebih mudah masuk ke jalan lahir sehingga proses persalinan menjadi lebih lancar.

     Ketimbang tindakan episitomi sendiri, pemulihan luka bekas guntinganlah yang perlu Mama perhatikan. Beberapa mamil mengaku tak merasakan sakit saat proses penjahitan luka dilakukan, namun sebagian lagi berkata sebaliknya. Tetapi tenang dulu Ma, untuk meringankan rasa sakit, dokter biasanya akan melakukan anestesi atau bius lokal sebelum tindakan tersebut dilakukan. Jadi, episiotomi itu tak sakit, lo.

     Hal lain yang terbilang ampuh untuk mengalihkan perhatian Mama dari rasa nyeri ialah IMD (Inisiasi Menyusu Dini). Kebahagiaan bisa memeluk langsung sang buah hati yang telah dikandung selama 9 bulan bisa menjadi obat anestesi yang paling ampuh. Mama bisa membicarakan keinginan IMD kepada dokter sebelum proses persalinan dimulai, agar para tenaga medis bisa mempersiapkannya dengan lebih matang.

          Nah, sudah tidak takut lagi kan, Mam?