Hamil Aman bagi Penderita Lupus

By Ipoel , Selasa, 9 Juni 2015 | 00:00 WIB
Hamil Aman bagi Penderita Lupus (Ipoel )

Tabloid-Nakita - Hamil dengan kondisi sehat adalah harapan setiap perempuan. Siapa pun tak menyangkal, kehamilan adalah anugerah yang tak ternilai harganya. Akan tetapi, terkadang munculnya penyakit yang menyerang tubuh tak bisa ditolak. Apalagi jenis penyakit itu disinyalir dapat mengganggu proses kehamilan dan berisiko terhadap janin.  

Salah satu yang menjadi momok bagi perempuan adalah lupus.  Ketika seorang perempuan divonis menderita penyakit lupus, muncul beragam pertanyaan besar. Apakah bisa hamil? Apakah bisa hamil dengan sehat? Apakah bayi bisa lahir sehat pula?

Jawabannya: bisa! Artinya, ada cara hamil aman bagi penderita lupus.

          Di masa kini, ilmu kedokteran meyakini, perempuan penderita lupus dapat hamil dengan cukup aman  serta dapat melahirkan bayi yang sehat. Meskipun tetap berisiko, namun sepanjang kondisi penyakitnya sudah terkontrol, maka tidak akan berdampak negatif bagi mamil dan janinnya.

          Lupus yang terkontrol minimal enam bulan akan meminimalisasi kekambuhan pada saat kehamilan. Dengan kata lain, penderita lupus agar mengontrol penyakitnya setidaknya enam bulan sebelum konsepsi. Jadi, mempersiapkan kehamilan bagi penderita lupus sangatlah penting.

MENGENAL LUPUS

Lupus adalah penyakit autoimun dimana alat pertahanan tubuh individu justru menyerang dan merusak jaringan tubuhnya sendiri. Apa penyebab lupus, hingga kini belum diketahui jelas dan masih terus diteliti.