70 Persen Ibu Hamil Alami Masalah Kaki

By Ipoel , Rabu, 13 Mei 2015 | 10:45 WIB
70 Persen Ibu Hamil Alami Masalah Kaki (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Menurut survei di Inggris, 7 dari 10 perempuan hamil mengaku mengalami masalah pada kaki, seperti pergelangan kaki bengkak (37%), kaki bengkak selain pergelangan (45%), serta sakit pada tulang kering dan tumit  karena mengenakan sepatu datar, sandal jepit, sepatu tumit tinggi, dan boot ber-calf sempit (16%).

          Mama enggak perlu khawatir. Kaki bengkak bukan menandakan adanya suatu penyakit tertentu, kok, tapi lebih bersifat fisiologis. Peningkatan hormon progesteron yang menahan cairan tubuh 30% lebih banyak dari kondisi normal menjadi penyebabnya. "Pada akhir kehamilan yaitu trimester 3, biasanya telapak dan pergelangan kaki akan membengkak sehingga ukuran kaki menjadi lebih besar 1—2 nomor. Tak perlu khawatir, kaki akan kembali ke ukuran normal setelah bersalin," jelas dr. Selly Septiana, SpOG.

Senada dengan itu, dr. Yanuarso, SpOT mengatakan, perubahan hormonal yang terjadi pada mamil mengakibatkan elastisitas jaringan lunak pendukung sendi menjadi lebih elastis untuk persiapan mengakomodasi bayi saat akan keluar panggul secara alami. Akibatnya, dapat terjadi  nyeri tulang belakang bawah (LBP), pinggang, lutut, dan telapak kaki. Nah, salah satu cara mengatasinya adalah memilih alas kaki yang sesuai secara individu karena masing-masing kaki berbeda satu dengan lainnya.