Persiapan Mental dan Emosional Sebelum Melahirkan

By Ipoel , Selasa, 12 Mei 2015 | 11:00 WIB
Persiapan Mental dan Emosional Sebelum Melahirkan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Faktor mental dan emosional sebelum melahirkan juga perlu dipersiapkan. Sebab, keduanya adalah bagian tak terpisahkan dari persalinan. Sering kali sebagian besar masalah persalinan justru bersumber dari ketidaksiapan mental dan emosional sang mamil. Akan tetapi, faktor ini justru sering kali luput untuk dipersiapkan dan diatasi masalahnya sedini mungkin, baik oleh mamil sendiri, keluarga, maupun tenaga kesehatan yang  mendampingi mamil selama kehamilan.

          Kehamilan adalah sebuah anugerah luar biasa, namun bersamaan dengan itu juga menjadi titik perubahan dalam banyak aspek kehidupan. Perubahan peran, perubahan tanggung jawab, belum lagi berbagai kecemasan dan tantangan dari proses kehamilan dan persalinan itu sendiri. Tentunya hal ini akan memberi stres tambahan bagi para calon orangtua, terutama Mama. Nah, bagaimana Mama menerima kehamilannya, pandangan pribadi serta harapan Mama dan pasangan, juga merupakan faktor yang akan memengaruhi kondisi mental Mama menghadapi persalinan.

Hal yang paling sering dikeluhkan ialah ketakutan mamilmenghadapi persalinan, baik untuk mamil yang baru pertama kali akan bersalin maupun yang mengalami trauma pada persalinan sebelumnya. Ketakutan ini terutama muncul akibat ketidaktahuan mamil mengenai proses yang akan dihadapi, ditambah dengan informasi-informasi negatif yang mungkin didengar mamil dari lingkungan dan media.

Mengikuti kelas persiapan persalinan, mencari informasi dari sumber terpercaya, serta berdiskusi dengan tenaga kesesehatan, keluarga, atau peer group akan sangat membantu mamil mengatasi ketakutan ini dan mempersiapkan persalinan dengan lebih baik.

Penting! Jangan ragu atau enggan bertanya dan mengungkapkan ketakutan serta kekhawatiran Mama atau Papa selama kehamilan dan mempersiapkan persalinan. Manfaatkan waktu kunjungan ke dokter atau bidan untuk banyak bertanya dan berdiskusi mengenai kehamilan. Mari persiapkan mental dan emosional sebelum melahirkan

Jangan lupa persiapan dua ini sebelum melahirkan:

Persiapan Spiritual Sebelum Melahirkan

Proses persalinan merupakan ibadah bagi Mama. Saat seorang mama menjalani proses yang berat ini, hanyalah pertolongan dan kekuatan dari Tuhan yang akan membantunya. Dengan menempatkan persalinan sebagai ibadah dan menjalani prosesnya secara ikhlas, persalinan akan terasa jauh lebih mudah dan lebih siap menghadapi kehadiran sang buah hati.

 

Persiapan Ilmu Sebelum Melahirkan

Mama dan keluarga sedikitnya harus memahami bagaimana kerja tubuh saat persalinan, tahapan persalinan alamiah, penyulit yang mungkin terjadi, intervensi apa saja yang akan dilakukan dan kapan intervensi harus dilakukan, serta pengetahuan mengenai perawatan bayi baru lahir. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup, Mama dan keluarga dapat memilih dan menentukan keputusan terbaik untuk persalinannya.